1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Indonesia menerima 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer Kamis 19 Agustus 2021. Kedatangan vaksin Pfizer ini  adalah pertama kalinya untuk Indonesia. Kedatangan vaksin Pfizer asal Amerika Serikat merupakan tahap ke-38. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert C Grijns menerima vaksin di Bandara Soekarno-Hatta.

Datangnya vaksin Pfizer ke Indonesia juga merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk membantu mengatasi pandemi covid-19. Diharapkan, dengan tersedianya vaksin ini dapat mempercepat proses perbaikan penanganan pandemi.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan vaksin covid-19 di Indonesia. Dengan bertambahnya stok vaksin 50 juta dosis merk Pfizer ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia," kata Menkes Budi dalam laman Sehat Negeriku, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : 1.000 Ibu Hamil di Surabaya Ikuti Vaksinasi Covid-19

PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE menyediakan 50 juta dosis setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat (EUA). "Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari BPOM," kata Menkes.

 


(ADI)

Berita Terkait