1.000 Ibu Hamil di Surabaya Ikuti Vaksinasi Covid-19

Feby Carolina Wehantouw, salah satu ibu hamil peserta vaksinasi covid-19. (foto/reno) Feby Carolina Wehantouw, salah satu ibu hamil peserta vaksinasi covid-19. (foto/reno)

SURABAYA:Sebanyak 1.000 ibu hamil (bumil)  di Surabaya mendapatkan suntikan vaksin covid-19 jenis Sinovac di Airlangga Convention Center, Kamis 19 Agustus 2021.  Pelaksanaan vaksinasi sendiri dimulai sejak pukul 08.00 WIB. 

Ketua IDI Surabaya, Dokter Brahmana Askandar, mengatakan vaksin covid-19 aman untuk disuntikkan kepada ibu hamil. Hal ini merujuk pada studi di luar negeri terhadap beberapa vaksin, seperti pfizer dan sinovac.

“Hasilnya vaksin ini aman, tidak punya efek buruk untuk kondisi kandungan dan janin,” ujarnya disela-sela jalannya vaksinasi ibu hamil. 

BACA: Berbahaya, Pasien Isoman di Kediri Dipindahkan ke Karantina

Brahmana menambahkan kegiatan vaksinasi ibu hamil yang dilaksanakan hari ini merupakan deklarasi secara nasional yang digelar serentak di 11 kabupaten/kota, termasuk di Surabaya. 

“Ini akan dilakukan berkelanjutan, jadi saya himbau para ibu hamil untuk mau divaksin,” ajak Brahmana.

Salah satu ibu hamil peserta vaksinasi covid-19, Feby Carolina Wehantouw, mengaku bersyukur bisa mendapatkan vaksin covid-19. Feby berharap vaksin tersebut bisa memberikan proteksi terhadap dirinya dan janin.

“Sempet deg-degan sih mas. Tapi alhamdulillah semuanya lancar,” ujar Feby.

Feby yang sudah tiba di lokasi vaksinasi sejak pukul 07.30 WIB, baru bisa mendapat vaksin pada pukul 09.30 WIB. Kondisi ini disebabkan karena tingginya animo masyarakat, utamanya ibu hamil. Meski begitu, pelaksanaan vaksinasi tetap berjalan sesuai standar protokol kesehatan. 

Sementara capaian vaksinasi covid-19 di Kota Surabaya sendiri saat ini sudah 74,50% untuk dosis pertama. Sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 52,24%.


(TOM)

Berita Terkait