Hasil Drawing Sepakbola PON XX/Papua: Jatim di Grup Neraka!

Manajer Tim PON Jatim, Amir Burhannudin (ist) Manajer Tim PON Jatim, Amir Burhannudin (ist)

JAKARTA: Undian fase grup cabang olahraga (cabor) sepak bola putra dan putri PON XX Papua 2021 telah selesai digelar Rabu 1 September 2021.

Hasilnya, Jawa Timur berada di Grup B bersama tiga tim kuat. Sumatera Utara (Sumut), Jawa Tengah (Jateng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Grup ini bisa disebut grup neraka!  

Ketiga lawan Jatim tak bisa dianggap enteng. Sulsel merupakan finalis edisi PON 2016 sebelumnya yang kalah ada penalti melawan tuan rumah Jabar di partai puncak.

Sementara Sumut dan Jateng dikenal sebagai salah satu kekuatan sepakbola nasional. Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi berharap seluruh tim menerima hasil undian dengan baik.

BACA: Liga 1 Digeber Lagi, Ini Jadwal Persebaya, Arema, Madura United dan Persela

Manajer Tim PON Jatim, Amir Burhannudin  menganggap semua tim adalah lawan berat karena semua tim sudah teruji di babak kualifikasi. Namun tim sepakbola putar  Jatim tidak gentar.

“Secara umum anak-anak sudah siap berlaga di PON Papua, mereka on fire, kondisinya bugar dan siap bertanding.  Lawan tentunya juga sudah siap bertanding di PON. Kami menganggap ketiganya lawan berat dan tidak boleh dianggap enteng,” tegas Amir.

Sementara Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan pengundian fase grup cabor sepak bola PON Papua sudah dilaksanakan secara transparan dan adil. Ia lantas berterima kasih terhadap semua pihak yang terkait dan berharap PON Papua berjalan lancar, aman dan sukses

"Apapun hasilnya, semoga kawan-kawan di Asprov dan tim yang bertanding dapat menerimanya dengan senang hati," ujar Yunus dikutip dari laman resmi PSSI.

"Semoga kehadiran pertandingan sepak bola dapat menyajikan suguhan menarik bagi warga Papua dan semua masyarakat Indonesia," tambahnya.

Cabor sepak bola PON Papua 2021 diikuti oleh 12 tim putra dan enam tim putri. Babak kenyisihan untuk nomor putra terdiri dari tiga grup, sedangkan nomor putri dua grup.

Untuk sepak bola putra, tim-tim Grup A akan berlaga di Stadion Mandala (Jayapura), Grup B di Stadion Mahachandra Universitas Cendrawasih (Jayapura) dan Grup C di Stadion Barnabas Youwe (Kabupaten Jayapura).

Untuk nomor putri hanya bergulir di Stadion Katapal, Kabupaten Merauke. Terkait regulasi, salah satu yang diterapkan adalah wajib menggunakan pesepak bola amatir.

Kemudian pada nomor putra, pemain yang berlaga maksimal kelahiran 1 Januari 1998, sedangkan putri bebas. Lalu, setiap tim dapat mendaftarkan minimal 18 pemain dan paling banyak 20 pemain.

Berikut hasil lengkap pengundian fase grup cabor sepak bola PON Papua 2021:

Putra
Grup A

1. Papua
2. Nusa Tenggara Timur
3. Maluku Utara
4. Jawa Barat

Grup B
1. Jawa Timur
2. Sumatera Utara
3. Jawa Tengah
4. Sulawesi Selatan

 Grup C
1. Kalimantan Timur
2. Aceh
3. Sulawesi Utara
4. Bengkulu

Putri
Grup A

1. Papua
2. Jawa Barat
3. Papua Barat

Grup B:
1. DKI Jakarta
2. Kalimantan Tengah
3. Bangka Belitung.

 

 


(TOM)