Jadwal Vaksinasi Covid-19 Situbondo Diundur

Tempat penyimpanan vaksin covid-19 di Situbondo. (metrotv) Tempat penyimpanan vaksin covid-19 di Situbondo. (metrotv)

SITUBONDO: Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memastikan jadwal vaksinasi covid-19 diundur . Sebab, sebanyak 3.000 vaksin covid-19  baru akan dikirim ke Situbondo awal Februari mendatang.

Plt. Kadinkes Situbondo, Imam Hidayat mengataan  informasi mundurnya proses distribusi dan pelaksanaan vaksinasi covid-19 tertuang dalam Surat Ederan Kementerian Kesehatan yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Selasa 12 Januari 2021.

Dalam surat edaran itu, terdapat petunjuk perubahan pola distribusi. Disebutkan, vaksinasi di daerah yang jauh dari ibukota provinsi baru akan didistribusikan pada Februari. Jadwal awal pemerintah menyebut 13 Januari mulai vaksinasi di tingkat pusat dan 14 Januari provinsi dan di daerah berlangsung mulai 15 Januari.

"Pola distribusi berubah. Untuk di Jawa Timur, vaksinasi pertama dilakukan di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Sedangkan Situbondo bulan Februari, " ujar Imam Hidayat.  

Meski mundur, Dinkes Situbondo memastikan sudah siap melakukan vaksinasi. Tercatat, ada  20 Puskesmas  dan 2 rumah sakit siap menjadi tempat vaksinasi.

"Nakes penerima vaksin sudah melakukan regestrasi ulang. Kami juga berencana menambah jumlah tenaga vaksinator di dua rumah sakit, RSUD Asembagus dan Besuki serta dua klinik, " ujarnya.  

Selain jadwal diundur, lanjut Imam, Situbondo juga dipastikan hanya menerima 3.000 vaksin di Februari mendatang.  Padahal kebutuhan yang diajukan Dinkes Situbondo ke pemerintah untuk Nakes sekitar 5.700.

Semantara saat ini, korban meninggal akibat covid- 19 di Situbondo terus terjadi. Dalam sehari ini kembali dua warga meningggal di Rumah Sakit Umum  Daerah (RSUD) Situbondo.   

 


(TOM)

Berita Terkait