Memukau, 200 Kuda Menari dalam Festival Jaran Serek 2023

Aksi kuda menari dalam Festival Kuda Serek di Kabupaten Sumenep/metro Aksi kuda menari dalam Festival Kuda Serek di Kabupaten Sumenep/metro

SUMENEP: Aksi lincah ratusan jenis kuda tari pada  Festival Jaran Serek 2023 berhasil memukau ribuan warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ajang ini sekaligus wujud melestarikan budaya Jaran Serek.

Sebanyak 200 Jaran Serek atau Kuda Menari ini melakukan pawai di pusat kota Kabupaten Sumenep, Sabtu 27 Mei 2023. Kuda ini dengan lincahnya melenggang-lenggok mengikuti irama musik tradisional saronen yang didendangkan.

Pawai kuda menari ini berjalan sejauh 5 kilometer. Di sepanjang rute itu juga ribuan warga tumpah ruah ke jalan menyaksikan kuda menari. Selain menari, kuda jenis ini bisa melakukan atraksi lainnya, seperti berdiri hingga bersujud.
 
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengaku salut kepada para pecinta Jaran Serek yang punya tekad kuat dalam melestarikan budaya.

BACA: Madura Heboh! Fenomena Lorjuk Naik ke Permukaan Laut

"Lebih utamanya untuk mengenalkan kepada generasi muda agar terus mencintai dan melestarikan jaran serek, sehingga terjadi regenerasi, " ujarnya.

Festival Jaran Serek ini sudah ditetapkan menjadi kalender resmi event tahunan Pemkab  Sumenep yang setiap tahun akan rutin digelar. Setiap pagelarannya akan meriah karena melibatkan 3 kesenian sekaligus.

"Ada  kuda menari sebagai gelaran utama, kemudian penari tradisional dan musik saronen sebagai pengiring saat kuda mulai beraksi, " jelasnya.

 


(TOM)

Berita Terkait