Singkirkan Denmark, Inggris Lawan Italia di Final Euro 2020

Harry Kane, bawa timnas Inggris melaju ke final melawan Italia (Foto / Ist) Harry Kane, bawa timnas Inggris melaju ke final melawan Italia (Foto / Ist)

LONDON : Timnas Inggris memantabkan dirinya untuk maju ke final piala Eropa 2020. Tiket itu diperoleh setelah The Three Lions mengalahkan Denmark di semi final, Kamis 8 Juli 2021. Inggris dipaksa berjuang hingga babak tambahan dengan skor 2-1. Adapun dua gol Inggris masing-masing tercipta dari gol bunuh diri Simon Kjaer (39') dan Harry Kane (104'). Sementara satu-satunya gol Denmark diciptakan Mikkel Damsgaard (30').

Babak Pertama

Para punggawa Timnas Inggris terlihat bermain lebih percaya. Raheem Sterling dan rekan-rekan tak ragu untuk langsung menekan sejak menit-menit awal pertandingan. Akan tetapi, peluang pertama The Three Lions baru tercipta di menit ke-13.

Kane yang menyambut umpan Sterling berniat meneruskannya menjadi gol. Sayang, bola masih sedikit melebar ke sisi kanang lapangan. Beberapa menit berselang gantian Denmark yang menekan. Beruntung bagi Inggris, Jordan Pickford masih berada di pisisi tepat untuk menghalau bola.

Denmark berhasil memimpin lebih dulu berkat tendangan bebas Mikkel Damsgaard di menit ke-30. Sayangnya, keunggulan tim dinamit tak bertahan lama setelah Simon Kjaer melakukan gol bunuh diri pada menit ke-39. Skor 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga jeda.

BACA JUGA : Italia Melenggang ke Final Euro 2020 Usai Tundukkan Spanyol

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Inggris dan Denmark kembali terlibat saling serang. Tim arahan Kasperd Hjulberg lagi-lagi berhasil memberikan ancamaman ke daerah pertahanan kubu tuan rumah. Akan tetapi, Inggris yang terus mendapat tak tinggal diam.

Mereka juga berhasil menciptakan sejumlah peluang meski belum berhasil menjadi gol. Sayangnya, usaha kedua tim untuk mencari gol tambahan di babak kedua tak membuahkan hasil. Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Inggris berhasil menambah satu gol di babak tambahan lewat aksi Harry Kane di menit ke-104. Berawal dari sepakan penalti, penyerang Tottenham Hotspur itu nyaris gagal setelah tembakannya berhasil dibaca kiper lawan. Akan tetapi, bola kemudian memantul kembali ke arah Kane yang langsung memasukkannya ke gawang.

Gol ini sekaligus menyudahi perlawanan Denmark di semifinal Piala Eropa 2020. Inggris yang melaju ke final akan menghadapi Italia yang lebih dulu lolos usai menumbangkan Spanyol lewat drama adu penalti.

 


(ADI)