Indonesia Ciptakan Ban Tanpa Angin, Tahan Paku dan Antipeluru

Ban anti peluru karya Indonesia (Foto / Istimewa) Ban anti peluru karya Indonesia (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Tak kalah dengan perusahaan ban dunia, Indonesia berhasil menciptakan ban tanpa angin. Hebatnya, ban tersebut tahan paku dan antipeluru. Ini menjadi perhatian setelah diungkap Lembaga Kajian Pertahanan Strategis di kanal Facebook. Dalam tayangan video, ban canggih tersebut dikembangkan Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklatad.

"Pada 2019 kami telah membuat roda tanpa udara. Di mana roda tanpa udara ini nanti akan kami gunakan pada kendaraan taktis TNI Angkatan Darat," ujar Dosen Poltekad Kodiklatad, Letda Arm Farid HW ST.

Dia menjelaskan secara spesifikasi ban ini memiliki diameter maksimal 80 cm. Konstruksi luarnya adalah tapak roda terbuat dari karet alam atau rubber natural. Adapun fleksible spoke yang digunakan dari bahan poliuretan (PU), mempunyai spesifikasi flesibilitas sangat tinggi.

"Kemudian ada pelek. Di mana pelek ini sebagai penghubung antara as roda dengan ban tanpa udara," katanya.

Baca Juga : 5 Kejadian Tak Terduga di Sirkuit Mandalika, Unboxing Ducati Ilegal hingga Copet Handphone

Adapun kemampuan ban tanpa udara ini, lanjut Farid, tahan terhadap senjata ringan, tahan terhadap benda tajam, sehingga saat berada di medan pertempuran tidak akan terjadi kebocoran dan pecah ban. Ini menarik tidak hanya bagi kendaraan taktis TNI tapi juga kendaraan offroad atau yang biasa melwati daerah ekstrem.

Dengan ban ini pengendara tak akan takut bocor. Adapun produsen ban global yang mengembangkan roda jenis ini adalah Michelin dan Bridgestone. Namun, produk mereka masih dalam bentuk prototipe.

 


(ADI)

Berita Terkait