Sering Menggunakan Netflix Milik Teman? Hati-hati Diblokir!

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Pandemi covid-19 membuat orang-orang lebih meluangkan waktunya untuk tetap di rumah. Salah satu gaya hidup yang saat ini digemari masyarakat untuk dilakukan di rumah, yakni menonton film atau acara TV melalui layanan streaming berbasis langganan.

Seperti sekarang ini, nama Netflix sering kali muncul dalam perbincangan masyarakat. Netflix merupakan layanan streaming berbasis langganan yang mengizinkan anggotanya untuk menonton film atau acara TV tanpa iklan di perangkat yang terhubung ke internet.

Pengguna layanan Netflix dapat berlangganan dengan memilih beberapa tipe langganan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, paket untuk keluarga pun tersedia di Netflix. Sehingga, ketika ada keluarga lainnya yang sedang menonton, anggota keluarga lainnya juga dapat menonton film berbeda secara bersamaan dalam akun yang sama.

Namun, hal ini malah disalahgunakan oleh beberapa orang. Pasalnya, ada saja yang membagikan kata sandi tersebut ke teman-temannya untuk mengurangi biaya berlangganan. 

Netflix pun mengetahui kecurangan ini dan tidak tinggal diam. Netflix akan menindak penggunanya yang melakukan hal tersebut. 

Dilansir dari BBC, kini Netflix sedang menguji coba tindakan keras kepada orang yang suka membagikan kata sandi. Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa kini Netflix menampilkan pesan yang berbunyi “Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun ini, Anda memerlukan akun Anda sendiri untuk terus menonton.”

Nantinya, jika pengguna ingin melanjutkan untuk menonton, mereka harus memverifikasi terlebih dahulu dengan memasukkan kode yang akan dikirimkan ke e-mail atau SMS pemilik akun. Metode ini masih dalam tahap uji coba demi mengurangi kecurangan berbagi kata sandi.

Tak hanya Netflix, layanan streaming musik digital seperti Spotify juga pernah mengalami kondisi serupa. Mereka juga mengejar pengguna yang membagikan paket layanan kepada teman-temannya yang tidak tinggal serumah.


(SYI)

Berita Terkait