Jaga Kerukunan, Komunitas Lintas Agama Mojokerto Gelar Festival Tabuh Bedug

Aksi salah satu peserta festival tabuh bedug/metrotv Aksi salah satu peserta festival tabuh bedug/metrotv

MOJOKERTO: Komunitas lintas agama di Mojokerto, Jawa Timur menggelar Festival Tabuh Bedug. Selain menjaga toleransi dan kebersamaan, festival ini juga dalam rangka ngabuburit dengan melibatkan puluhan anak yatim.

Sebanyak 15 belas peserta kelompok, ikut  memeriahkan Festival Tabuh Bedug di Halaman Masjid Raoudhotul Jannah,  Keluarhan Surodinawan,  Sabtu sore, 8 April 2023.
 
Masing-masing peserta menunjukkan kebolehan mereka dalam menabuh bedug diiringi lantunan syair religi. Selain itu juga dipadukan dengan alat musik lainnya, seperti kentongan dan gamelan.

"Festival Tabuh bedug ini sengaja digelar untuk menjaga kebersamaan dan toleransi antar umat beragama dalam mencapai kebaikan bersama. Sehingga tidak ada lagi intoleransi antar warga yang berbeda keyakinan, " ujar Bagus Marjoki, Panitia Festival.

BACA: Jelang Lebaran, Baju Bekas Impor Masih Diminati Masyarakat

Selain tokoh -tokoh lintas agama, Festival Tabuh Bedug tersebut juga melibatkan puluhan anak yatim. Mereka diajak untuk menyaksikan festival sekaligus menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

"Diharapkan dengan festival tabuh bedug ini kerukunan dan kebersamaan anatar umat beraga di Kota Mojokerto semakin terjalin. Apalagi saat bulan ramadan bersamaan dengan perayaan paskah, " ujarnya.


(TOM)