Bantah Arogan Terobos Bromo, Komunitas Rubicon Tunjukkan Undangan Pemprov Jatim

Video viral klub mobil Jeep Rubicon  saat memaksa masuk kawasan lautan pasir Gunung Bromo/ist Video viral klub mobil Jeep Rubicon saat memaksa masuk kawasan lautan pasir Gunung Bromo/ist

SURABAYA: Komunitas klub mobil Jeep Rubicon memberikan klarifikasi terkait video viral saat memaksa masuk kawasan lautan pasir Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

Ketua Umum JK Owners East Java, Bambang Agus Hendroyono, menyebut kedatangan komunitasnya ke Bromo atas undangan resmi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Menurut Bambang komunitasnya diundang dalam acara East Java Fashion Harmony pada Minggu, 20 November 2022. Ia telah mendapatkan undangan resminya.

"Kami mendapatkan undangan resmi dari Disbudpar Provinsi Jatim, karena itu kami datang ke Bromo," kata Bambang, dikonfirmasi Kamis, 24 November 2022.

Namun belakangan acara tersebut diundur pada 3 Desember 2022 tanpa pemberitahuan resmi kepada komunitasnya. Sehingga komunitasnya datang sesuai jadwal pertama, yakni Minggu, 20 November 2022.

BACA: Cekcok Rombongan Rubicon, Mobil Pribadi Dilarang Masuk Wisata Bromo!

"Harusnya kami diberitahu kalau jadwal diundur 3 Desember. Sementara kami sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, semua keperluan dari tiket masuk hingga penginapan," katanya.

Karena tidak ada pemberitahuan dari Disbudpar Jatim, pihaknya berangkat ke Bromo dengan 19 kendaraan melalui jalur Nongkojajar Pasuruan. Sampai di pintu masuk lautan pasir di Desa Wonokitri, rombongannya tidak diperbolehkan melintas, meski sudah menunjukkan tiket masuk Bromo dan undangan dari Disbudpar Jatim.

  "Kami hanya melintas saja untuk menuju hotel karena saat itu sudah sore, karena jalan satu-satunya yang dekat menuju hotel hanya lewat lautan pasir, toh kami juga sudah punya tiket masuk," ujarnya.

Namun pihaknya tetap dilarang melintas meski sudah meminta agar ada yang mengawal saat melintas lautan pasir. Karena emosi, terjadilah adu mulut dengan penjaga pintu. Tidak ingin memperpanjang masalah, akhirnya rombongan komunitasnya memilih jalan lain dengan memakan waktu 2,5 jam untuk sampai di hotel.

Bambang menyayangkan ada pihak yang menyebarluaskan video dan memberi narasi bahwa komunitasnya memaksa masuk bahkan akan menerobos pintu.

"Saya tegaskan lagi, bahwa kami tidak menerobos atau memaksa, kami sudah punya tiket yang sudah kami bayar untuk masuk ke Bromo, syarat-syarat teknis kendaraan juga kami penuhi," katanya.

Sebelumnya, video aksi adu mulut antara perwakilan komunitas klub mobil Jeep Rubicon dengan penjaga pintu masuk kawasan wisata Bromo viral di media sosial. Dalam video tersebut, perwakilan rombongan memaksa masuk dari jalur Pasuruan dan mengaku sebagai undangan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam acara Fashion Show Bromo pada 20 November 2022.


(TOM)

Berita Terkait