Pemudik Diberikan Vaksin Gratis? Ini Klarifikasi Kemenhub

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat mengusulkan pemudik yang melakukan perjalanan melalui jalur darat untuk diberikan vaksin covid-19 gratis. Terkait pernyataannya itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memberikan klarifikasi. Pihaknya menjelaskan bahwa yang dimaksud Budi Karya, yakni tes covid-19 gratis. 

“Bersama ini kami menyampaikan klarifikasi bahwa yang dimaksud adalah diberikan tes covid-19 secara gratis," kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 12 Mei 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Ia menyebutkan Budi Karya mengusulkan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memberikan tes covid-19 gratis bagis pemudik yang menggunakan jalur darat. Sedangkan pelaku perjalanan dengan moda transportasi lainnya akan diberlakukan pengetatan syarat perjalanan, seperti pada masa larangan mudik.

"Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang diprediksi mencapai puncak pada H+2 dan H+7 Idulfitri 1442H/2021," ucap Adita.

Kemenhub mengimbau masyarakat menunda kepulangan agar tidak menimbulkan penumpukan. Kemenhub juga mengusulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat dengan konsentrasi besar.
 
"Beberapa di antaranya Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Yogya, Semarang, Cirebon, Jakarta. Bahkan yang dari Sumatra di Bakauheni," jelas Adita.
 
Sebelumnya, Budi Karya mengusulkan vaksinasi gratis bagi pemudik. Pasalnya, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman.
 
"Kami mengusulkan Pak Menko (Menteri Perekonomian) dan Menkes (Menteri Kesehatan) memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," kata Budi Karya dalam konferensi pers, Senin, 10 Mei 2021. (Nur Azizah)


(SYI)

Berita Terkait