Usai Wings Air, Giliran Citilink Hengkang dari Bandara Trunojoyo Sumenep

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SUMENEP : Kabar menyedihkan datang dari maskapai Citilink. Perusahaan penerbangan ini menghentikan penerbangan komersial dari Bandara Trunojoyo Sumenep dengan rute Sumenep – Surabaya dan Surabaya – Sumenep.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Klas III Trunojoyo Sumenep, Arqodri Arman menjelaskan, Managemen Citilink telah resmi berpamitan untuk tidak beroperasi di rute Sumenep – Surabaya dan Surabaya – Sumenep. Namun ia menegaskan, untuk slot rute Sumenep – Surabaya tetap tidak dicabut.

“Jadi Citilink ini sifatnya hanya ‘not operated’ di rute tersebut. Tapi slotnya di rute itu masih ada. Gampangnya, ijin menerbangi rute di jadwal itu masih berlaku. Kalau sewaktu-waktu mau beroperasi lagi di slot itu masih bisa,” terangnya, Kamis 4 Agustus 2022.

Arqodri mengaku cukup terpukul ketika managemen Citilink pamit dari Bandara Trunojoyo hingga waktu yang belum ditentukan. Apalagi pada bulan Juni 2022, managemen Wings Air telah lebih dulu ‘angkat kaki’ dari rute Sumenep – Surabaya dan Surabaya – Sumenep. Alasan kedua maskapai pamit dari Bandara Trunojoyo ini sama, yakni minimnya jumlah penumpang setiap kali penerbangan.

Dengan jumlah penumpang di bawah 10 orang setiap kali terbang, maka tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan maskapai untuk penerbangan komersial. “Pihak maskapai menginginkan minimal 60 persen ‘seat’ terisi setiap kali penerbangan agar menutup biaya operasional. Apabila penumpang di bawah itu, maka maskapai akan merugi,” ungkap Qodri.

Baca juga : Samsudin Vs Pesulap Merah, Polda Jatim : Hanya Aduan

Meski kecewa, namun Qodri menyadari bahwa pihak maskapai tidak mungkin terus menerus merugi apabila memaksakan diri tetap melayani rute Sumenep – Surabaya dan Surabaya – Sumenep. “Ini kan perusahaan penerbangan. Kita juga harus melihat ‘business to business’. Pasti berat untuk mereka terus bertahan di rute ini apabila jumlah penumpang tidak ada perubahan,” paparnya.

Citilink dan Wings Air membuka penerbangan komersial rute Sumenep – Surabaya dan Surabaya – Sumenep pada April 2022. “Untuk Citilink, penerbangan terakhir tanggal 7 Agustus besok. Kalau Wings Air sejak Juni 2022 sudah tidak ada penerbangan dari Bandara Trunojoyo,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait