Indonesia Gulung Filipina di Laga Perdana Sea Games 2023

Selebrasi Timnas Indonesia usai mengalahkan Filipina/pssi Selebrasi Timnas Indonesia usai mengalahkan Filipina/pssi

JAKARTA: Awal manis diraih Tim Nasional U-22 Indonesia usai menang telak atas Filipina 3-0 dalam laga perdana  SEA Games 2023  di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu 29 April 2023.

Tiga gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan di menit 44, Irfan Jauhari menit 90 dan Fajar Fathurahman menit 90+1. Kemenangan ini membuat Indonesia sementara memimpin klasemen Grup A dengan 3 poin.


"Pertandingan pertama adalah pertandingan yang berat. Di babak pertama mereka belum bisa mengembangkan permainan tapi dari menit ke menit berkembang dan di babak kedua mulai bisa bermain dengan baik," kata pelatih Indra Sjafri seusai laga.

BACA:

Marselino yang baru bergabubg dengan tim di Kamboja mengaku bisa menyesuaikan dan berharap chemistry terus terbangun seiring jalannya turnamen. Marselino tak menghadapi kendala berarti meski melewati program TC dan baru berlatih bersama skuad di Kamboja.

"Pertandingan pertama memang penting buat kita melaju ke depannya. Jadi kita bersyukur menang atas Filipina dan itu menjadi kepercayaan diri bagi tim," ucap pemain yang berseragam klub Belgia, KSMK Deinze, itu.

"Chemistrynya kita bangun bertahap dengan bertanding seperti ini kita merasa bisa. Untuk adaptasi hanya soal cuaca yang sangat panas di sini," imbuhnya.

Skuad Garuda sejak awal laga berupaya mengembangkan permainan meski alot. Kebuntuan akhirnya terpecahkan jelang turun minum. Sepakan Marselino memanfaatkan umpan Rio Fahmi bersarang ke gawang Filipina untuk membuka keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Indonesia kembali tampil menyerang untuk mengejar gol lagi. Peluang emas didapat lewati titik putih di menit ke-60. Hanya saja, tendangan sang kapten Rizky Ridho yang menjadi eksekutor mampu diblok kiper Filipina.

Ketika laga seakan berakhir hanya 1-0, di ujung laga Irfan Jauhari menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-90 melalui kerja sama satu-dua sentuhan dengan Muhammad Taufany.

Satu menit berselang, Fajar Fathurahman memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 melalui gol apiknya. Rio Fahmi kembali memberikan assist yqng dituntaskan Fajar dengan sepakan keras.

Meski menang tiga gol tanpa balas, Indra Sjafri menyatakan evaluasi tetap wajib dilakukan untuk meningkatkan tim dan melakukan perbaikan.

"Jadi baru besok ada report setelah itu kita secara menyeluruh melakukan evaluasi. Saya juga tidak akan menyalahkan personal pemain karena bagaimana pun setiap pemain sudah mempunyai kontribusi yang baik terhadap pertandingan sehingga kita menang 3-0," imbuhnya.

Skuad Garuda akan melakoni laga berikutnya melawan Myanmar pada Kamis (4/5) pekan depan. Dua laga selanjutnya menghadapi Timor Leste pada 7 Mei dan tuan rumah Kamboja pada 10 Mei.

 

 


(TOM)

Berita Terkait