Waspada Hapatitis Akut pada Anak, Ini Langkah Pertolongan Pertamanya!

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Kasus hepatitis akut pada anak sedang menjadi sorotan dunia. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit tersebut menjangkit sebanyak 230 anak di 20 negara, termasuk Indonesia.

Ketua Unit Kerja Koorniasi Gastro Hepatologi IDAI Muzal Kadim mengungkapkan, berdasarkan pengamatan sementara yang dilakukan peneliti di dunia, penyakit itu hanya menjagkit anak-anak di bawah 16 tahun.

Adapun, berbagai gejala yang perlu diwaspadai ialah permasalahan pada saluran cerna seperti muntah, diare dan sakit perut. Selanjutnya gejala lainnya ialah demam, kelopak mata yang menjadi berwarna kuning dan air kencing yang berawarna seperti air teh.

"Kalau lebih berat lagi bisa menyebabkan kesadaran menurun dan kalau sel hatinya sudah banyak dan rusak bisa menyebabkan kejang dan kematian," kata Muzal dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu 7 Mei 2022.

BACA: Hepatitis Akut Menyerang Anak Maksimal 16 Tahun, Waspadai Gejalanya!

Sebelum menuju gejala berat, Muzal mengimbau agar orang tua mewaspadai gejala-gejala awal. Sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan, orang tua bisa melakukan pertolongan pertama dengan memberikan obat-obatan sesuai dengan gejala yang ditemukan.

"Kala ada demam bisa diberikan parasetamol. Lalu kalalu ada muntahnya cukup sering bisa diberikan obat antimuntah dan kalau diare bisa diberikan obat diare. Tapi tetap harus diberikan cairan minum sedikit demi sedikit agar tidak terjadi dehidrasi," beber dia.

Jika gejala belum juga hilang dalam beberapa waktu, maka anak bisa langsung dilarikan ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan yang tepat.

"Untuk batas waktu memang belum ditentukan. Tapi bisa dilihat kalau setelah diberikan obat masih ada gejala, langsung dibawa ke rumah sakit," ucap dia.

Namun jika anak sudah membaik setelah diberikan obat-obatan tersebut, kemungkinan itu merupakan penyakit diare biasa yang sering terjadi pada anak.

 


(TOM)

Berita Terkait