Jelang Piala Dunia U-20, Erick Thohir Cek Kesiapan GBT

 Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengecek persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, (Foto / Istimewa) Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengecek persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengecek persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, sebagai venue Piala Dunia U-20 2023, Senin 13 Maret 2023. Dia memuji GBT sebagai salah satu stadion terbaik di Indonesia.

"Saya yakin dengan kondisi hari ini, ini adalah salah satu stadion terbaik yang ada di Indonesia," kata Erick di Stadion GBT.

Dalam kunjungannya, Erick Thohir didampingi Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali dan Ratu Tisha, dan Direktur Utama (Dirut) PLN, Darmawan Prasodjo, beberapa spot stadion, salah satunya kondisi lapangan. Dia turut memuji rumput yang terpasang di GBT.

"Lapangan sepak bolanya ini sangat-sangat maksimal. Bagus juga sepak bola tak hanya terpusat di Jakarta, tapi di Jawa Timur," kata Erick.

Selain mengecek lapangan, Erick Tohir dan rombongan juga meninjau ruang kontrol di lantai 7 GBT hingga ruang konferensi pers "Saya terus terang terharu karena dilaporkan pemerintah daerah dan pusat dua bulan terakhir ini melakukan suatu misi yang tidak mudah, benar-benar serius menyiapkan ini untuk Piala Dunia U-20," kata Erick.

baca juga : Tuduh Istri Jual Diri, Mulut Tetangga Ditimpuk Kayu Jati

Sementara itu, Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, memastikan ketersediaan pasokan listrik untuk GBT. Dia menyebut, pihaknya menyediakan empat lapis pasokan listrik untuk GBT selama gelaran Piala Dunia U-20. "PLN mempersiapkan seluruh pasokan listriknya. Ada tiga tujuannya, tanpa asap, zero down time, tanpa kedip," ujar Darmawan.

Dia memerinci, lapis pertama yakni 15 unit UPS raksasa dengan kapasitas 1.900 UVA, lapis kedua pasokan dari sistem kelistrikan PLN dengan dua penyulang dari gardu induk yang berbeda, lapis ketiga pasokan listrik dari back up genset kapasitas besar, serta lapis empat disiapkan sekitar 180 personel mobile yang bersiaga.

"Kita persiapkan memang ada kebutuhan demand sekitar 2.000 KWh, ini berlapis-lapis," ujar Darmawan.

Diketahui, Stadion GBT merupakan satu dari enam stadion yang ditunjuk sebagai venue gelaran Piala Dunia U-20 pada Mei 2023. Saat ini, pemerintah melalui Kementerian PUPR terus melakukan pembenahan sarana maupun prasarana Stadion GBT.


(ADI)

Berita Terkait