Jadi Venue Piala Dunia U-20, Stadion Bung Tomo Dapat Nilai Tertinggi dari FIFA

Stadion Gelora Bung Tomo (Istimewa) Stadion Gelora Bung Tomo (Istimewa)

SURABAYA : Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan FIFA memberikan penilaian tertinggi terkait persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Penilaian tertinggi buat GBT itu sebagai salah satu lokasi gelaran Piala Dunia U-20 2023. Dia mengatakan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menpora Zainudin Amali akan memeriksa langsung Stadion GBT hari ini, Senin 13 Maret 2023.

“Pak Erick akan mengecek hasil asesmen (GBT) itu yang tertinggi di antara semua (stadion) yang ada, tetapi dari semua itu ada kekurangannya. Jadi harus dilengkapi dan diselesaikan sebelum Piala Dunia,” kata Eri.

Dia mengatakan, kedatangan Ketua Umum PSSI juga didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, dan perwakilan Kementerian PUPR. Mereka datang untuk melakukan pengecekan terhadap Field Of Play (rumput, sistem penyiraman rumput, sistem drainase, dan lainnya), arena (tempat duduk, VIP Area), Media Broadcast, akses keluar dan masuk, Command Center, area medis, serta ruang parkir.

“Beliau mengecek, nanti bisa dilihat yang disampaikan Pak Erick Thohir. FIFA sudah memberikan catat kemudian ada rapat dengan Pak Erick, ketika sudah dicek FIFA, kami nilainya paling tinggi,” ujarnya.

baca juga : Tim SAR Selamatkan 15 ABK Korban Kapal Pecah di Tuban

Meski begitu, sebagai kepala daerah, Eri tak ingin berbesar hati. Sebab, Pemkot Surabaya terus berupaya membenahi berbagai fasilitas olahraga di Kota Pahlawan. Hal ini juga selaras dengan usaha dari enam kepala daerah lainnya yang ditunjuk FIFA sebagai lokasi gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Di antaranya, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali. “Tetapi sebenarnya, apapun itu, kami (pemkot) sudah membuat GBT. Sebab, awalnya belum ada stadion (di Indonesia) yang standar FIFA. Tetapi, teman-teman (kepala daerah) enam daerah semuanya berusaha melakukan secara maksimal, karena standar FIFA tinggi,” katanya.

Tak hanya Stadion GBT Surabaya saja yang akan dikunjungi oleh rombongan Ketua PSSI Erick Thohir. Rombongan tersebut akan melakukan pengecekan di semua stadion yang menjadi lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

“Jadi semua stadion bakal dikunjungi Pak Erick Thohir, Menpora, dan PUPR. Jadi ada timnya untuk memastikan, yang diminta FIFA sudah berjalan semua. Kedua, ada tanggung jawabnya PUPR dan Pemda (Pemerintah Daerah), sehingga nanti PUPR seperti apa, Pemda seperti apa nanti bakal dilihat,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait