Biar Tetap Segar, Ini 7 Kiat Merawat Tanaman dalam Ruangan

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Bunga segar dapat mempercantik penampilan di rumah. Biasanya, bunga ditempatkan di dalam vas bunga untuk diletakkannya di meja atau sudut ruangan.

Tak hanya mempercantik ruangan, hiasan bunga di ruangan dapat mengurangi stress. Semerbak wangi segar juga membuat ruangan terasa lebih harum.

Namun, bunga segar tidak awet dan mudah layu. Sobat Medcom perlu mengetahui tips menyimpan bunga agar tetap segar dan tahan lama berikut:

1. Buang daun

Membuang daun yang terendam air akan mengurangi resiko pembusukan pada bunga. Memotong daun pada tangkai dengan gunting akan membuat bungan terlihat rapi. Kesegaran bunga juga semakin tahan lama.

2. Potong miring

Memotong miring ujung tangkai pada bunga dimaksudkan untuk memperluas batang dalam menyerap air agar lebih efektif.

3. Wadah yang bersih

Siapkan wadah atau vas bunga yang bersih. Adanya mikroorganisme di wadah yang kurang bersih justru memicu pembusukan pada bunga.

4. Gunakan air hangat atau air gula

Gunakan air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Sesuaikan jumlah air supaya batang tidak terlalu tinggi terendam. Air gula juga dapat membuat bunga lebih segar dan tahan lama.

5. Suhu ruangan

Taruh bunga pada suhu ruangan yang normal. Meletakkan bunga di dalam kulkas atau lemari pendingin seperti yang beberapa orang lakukan justru akan memicu pembusukan bunga lebih cepat dan akan mudah layu.

6. Hindari sinar matahari langsung

Meletakkan bunga di dekat pintu atau jendela sah saja asal menghindari tanaman penghias ruangan terpapar matahari langsung.

Beberapa jenis bunga sangat sensitif dengan sinar matahari. Alih-alih segar, tanaman layu dan mati.

7. Rutin mengganti air

Air yang tergenang mudah menjadi sarang bakteri, jamur, dan alga. Sobat perlu rutin mengganti air di wadah tanaman.

Memotong bagiaan tangkai bunga 1 sentimeter setiap hari juga bisa membuat kesegaran bunga tetap terjaga.

 


(TOM)

Berita Terkait