Cara Mempererat Kedekatan Anak dan Orang Tua yang Terpisah Jarak

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Clicks: Interaksi adalah salah satu cara pengasuhan yang wajib dilakukan orang tua terhadap anaknya. Karena, hal ini merupakan kunci dalam mempererat ikatan (bonding) antara orang tua dengan buah hati.

Dilansir dari Gaya.id pada Sabtu, 23 Juli 2022, menurut Psikolog di Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, Jane Cindy Linardi mengatakan bahwa interaksi paling baik dilakukan dengan melakukan pertemuan langsung dan sentuhan kepada anak. Hal tersebut dapat membentuk hubungan yang komunikatif.

“Bonding yang lebih ideal adalah bertemu langsung dengan anak dan menghabiskan waktu bersama, dengan cara komunikatif dan interaktif,” kata Jane.

 

Baca Juga: Anak Kecanduan Gadget, Begini Seharusnya Sikap Orang Tua

 

Walaupun begitu, ada saja kasus yang mengharuskan memisahkan interaksi orang tua dengan si kecil. Contohnya, ketika orang tua harus merantau dan meninggalkan anaknya karena urusan pekerjaan di luar kota.

Namun, hal tersebut bukanlah penyebab masalah dalam hubungan antara orang tua dan anak. Hubungan dekat dapat tetap terjadi apabila orang tua tetap melakukan interaksi dan komunikasi dengan buah hati.

“Bonding ketika orang tuanya bekerja, sebenarnya tidak bermasalah. Asalkan orang tua tetap komunikasi melalui telepon, chat, atau video call dengan anak-anaknya,” katanya.

Selain itu, Jane juga mengatakan bahwa orang tua harus memberikan pengertian kepada anak perihal pekerjaan yang mengharuskan mereka berpisah. Ini dilakukan agar si kecil tidak merasa diabaikan.

Jane menyarankan orang tua langsung meluangkan waktu dengan buah hati ketika memiliki kesempatan untuk bertemu. Para orang tua harus melakukan kegiatan yang dapat merajut kembali ikatan yang terpisah karena jarak.

“Ketika orang tuanya libur, dia harus benar-benar meluang waktunya dengan si anak untuk melakukan suatu kegiatan yang bisa mengikat bonding itu,” jelasnya.

Kegiatan yang dapat dilakukan bersama oleh orang tua  dan anak adalah bermain bersama, melakukan hobi, berolahraga, dan banyak hal lainnya.

Juga, orang tua harus memberikan sentuhan fisik seperti ciuman, pelukan, dan rangkulan saat mempunyai kesempatan bertemu dengan buah hati mereka. Sebab, sentuhan fisik merupakan bahasa cinta yang dibutuhkan setiap anak dari orang tuanya.


(SUR)