Gempa Guncang Yogya, 5 Daerah di Jatim Ikun Bergetar!

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo menguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Senin pagi, 28 Juni 2021, sekitar pukul 05.15 WIB.  

Menurut BMKG, guncangan gempa bumi ini, dirasakan di daerah Bantul, Gunungkidul, Purworejo, Sleman, Yogyakarta, Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, dan Solo.

Selain di Jawa Tengah, guncang gempa juga terasa di lima daerah di Jawa Timur. Mulai Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk, Malang

Guncangan gempat ini Warga panik dan segera berhamburan ke luar rumah. Seperti terjadi di "shelter" Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman.  

Saat terjadi gempa puluhan pasien Covid-19 panik dan berhamburan sampai teras kamar, sebagian mengenakan masker dan sebagian lainnya belum sempat memakai.

Namun demikian sesaat setelah guncangan gempa berakhir, mereka segera kembali ke kamar masing-masing yang berada di bangunan empat lantai tersebut.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pada tanggal 28 Juni 2021 pukul 05:15:29 WIB terjadi gempa berkekuatan 5,3 magnitudo dengan lokasi 8.56 lintang selatan - 110.58 bujur timur. 

Gempa itu terjadi di laut pada jarak 66 km arah selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 61 km. Namun tidak berpotensi tsunami.
 


(TOM)

Berita Terkait