Indonesia Kalah 5-6 dari Vietnam di Final Piala AFF U-23

Sumber: Instagram @timnas.indonesia Sumber: Instagram @timnas.indonesia
JAKARTA: Timnas U-23 Indonesia kalah dari Vietnam dalam final Piala AFF U-23 di Rayong Stadium, Thailand, pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Indonesia kalah dalam drama adu penalti yang berakhir dengan skor 5-6.

Pada menit keenam, Indonesia memperoleh sebuah peluang. Umpan silang dari Alfreandra Dewangga ditangkis oleh kiper Vietnam, Quan Van Chuan.

Beckam Putra melakukan aksi “solo run” pada menit ke-12. Ia berhasil melewati empat pemain Vietnam, tapi sepakannya gagal memasuki gawang Vietnam.

Umpan silang Haykal gagal dijangkau oleh Abdulrahman pada menit ke-17. Pada menit ke-19, sepakan Dewangga masih mampu diblok oleh tim Vietnam.

Pada menit ke-25, Indonesia memperoleh peluang tendangan bebas setelah Beckham Putra dihentikan pemain Vietnam, Nguyen Ngoc Thang. Namun, tendangan Rifky mampu ditangkis kiper Vietnam. Hingga peluit akhir babak pertama berbunyi, skor pertandingan tersebut masih bertahan 0-0.

Pada menit ke-54, sepakan tendangan bebas Ramadhan Sananta di tiang dekat hampir menghasilkan gol untuk Indonesia. Namun, kiper Vietnam menangkis bola tersebut. Skor masih bertahan 0-0 sampai babak kedua berakhir. Hingga perpanjangan waktu berakhir, Indonesia dan Vietnam juga masih belum mencetak gol.

Pada babak adu penalti, sang kapten tim Indonesia, Dewangga, mencetak gol 1-0. Namun, sepakan pemain Vietnam, Nguyen Duc Viet, mampu menyetarakan skor menjadi 1-1.

Arkhan Fikri membuat Indonesia unggul 2-1. Kemudian, pemain Vietnam, Dinh Xuan Tien, menyamakan kembali skor menjadi 2-2.

Kemudian, Frengky membawa Indonesia unggul kembali dengan skor 3-2. Vietnam kembali menyamakan skor lewat Le Nguyen Hoang.

Sepakan dari Kelly ke pojok kanan gawang membawa Indonesia unggul 4-3. Vietnam menyusul 4-4 lewat Tran Nam Hai.

Sananta membuat Indonesia kembali memimpin 5-4. Kemudian Luong Duy Cuong menyamakan kedudukan Vietnam menjadi 5-5.

Persaingan ketat dalam adu penalti ini berakhir saat Ernando gagal mencetak gol untuk Indonesia. Sepakannya ditangkis oleh Quan Van Chuan. Kemudian, serangan Thai Da Bat mampu mengelabui Ernando sehingga adu penalti berakhir dengan skor 6-5 untuk kemenangan Vietnam.


(SUR)