Gempa Kembali Guncang Tuban

Titik koordinat gempa di kawasan Tuban, Jawa Timur. Titik koordinat gempa di kawasan Tuban, Jawa Timur.

Tuban: Gempa susulan kembali mengguncang Kota Tuban, Jawa Timur, pada Senin, 25 Maret 2024 malam. Gempa berkekuatan 4 magnitudo. 

Dilansir dari Medcom.id, Badan Meteorologi Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa terjadi pada pukul 20.54 WIB dengan titik episentrum di laut wilayah Tuban. 

Persisnya gempa terjadi di 143 kilometer arah timur laut dari wilayah Tuban atau berada di koordinat 5,66 Lintang Selatan (LS), 111,41 Bujur Timur (BT). 

BMKG menjelaskan gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Guncangannya terasa dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) kategori I sampai III di Pulau Bawean yang lokasinya dekat dengan titik episentrum gempa. 

Guncangan pada skala tersebut terindikasi dengan getaran yang dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang tergantung ikut bergoyang (MMI II). Selain itu, getaran terasa nyata dalam rumah seperti truk yang sedang berlalu. 

Sebelumnya BMKG menginformasikan telah terjadinya gempa di Kota Tuban, Jawa Timur, dengan magnitudo 6 pada Jumat, 22 Maret 2024 pukul 11.22 WIB. 

Peringatan dini disampaikan dari sistem aplikasi infoBMKG. Titik koordinat gempa berada di koordinat 5,74 Lintang Selatan (LS), 112,32 Bujur Timur (BT), di kedalaman 10 kilometer. 

Sementara itu, pusat gempa di laut dengan jarak 132 kilometer timur laut Kota Tuban. 


(SUR)

Berita Terkait