Sejarah Mencatat, Duel Panas Selalu Dipertontonkan Italia dan Inggris

Pertandingan Final Euro 2020 antara Inggris vs Italia (Foto / Istimewa) Pertandingan Final Euro 2020 antara Inggris vs Italia (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Timnas Italia bakal melawan Inggris di Final Euro 2020 di Stadion Wembley Senin 12 Juli 2021. Kedua tim memiliki rekor pertemuan yang sulit untuk dilupakan. Berikut lima laga paling mengesankan Italia vs Inggris dilansir dari Independent.

1. Inggris 1-2 Italia pada Piala Dunia 2014

Pertandingan pembuka fase grup Piala Dunia 2014 tanggak 14 Juni 2014 ini berakhir petaka bagi Inggris. Claudio Marchisio membawa Italia unggul lebih dulu di menit 35. Daniel Sturridge kemudian menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai.

Kemenangan Italia dipastikan oleh sundulan Mario Balotelli di babak kedua. Inggris pun tersingkir dari Piala Dunia 2014 setelah finis sebagai juru kunci Grup D. Mereka kalah saing dari Kosta Rika dan Uruguay.

2. Inggris 0-0 Italia (Italia menang 4-2 lewat adu penalti) pada Euro 2012

Inggris tersingkir dari Euro 2012 setelah menelan kekalahan lewat adu penalti. Gugurnya The Three Lions di perempat final tanggal 24 Juni 2012 dianggap sebagai capaian yang baik mengingat sang pelatih, Hodgson, baru mengambil alih tim dari Fabio Capello sebulan sebelum turnamen dimulai.

Di sisi lain, Gli Azzurri menampilkan performa terbaiknya selama 120 menit di Kiev. Ashley Young dan Ashley Cole gagal mencetak gol dari titik penalti. Sementara itu, penalti panenka mengagumkan Andrea Pirlo untuk mengecoh Joe Hart menunjukkan perbedaan kualitas di antara kedua tim.

BACA JUGA : Italia VS Inggris, Duel Pamungkas untuk Putuskan Penguasa Eropa Minggu 11 Juli 2021 - 06:05 clicks.id

3. Italia 0-0 Inggris pada Kualifikasi Piala Dunia 1998

Inggris membutuhkan poin untuk lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis. Saat itu laga berlangsung pada tanggal 11 Oktober 1997, Inggris harus melawan Italia. The Three Lions menyelesaikan tugasnya dengan baik melalui komando dari sang kapten, Paul Ince, malam itu. Yang menarik, gelandang handal itu meninggalkan lapangan dengan perban berlumuran darah di kepalanya. Laga ini juga diwarnai insiden kerusuhan penonton. Imbasnya seorang polisi dan penonton dilarikan ke rumah sakit.

4. Italia 2-1 Inggris pada Piala Dunia 1990

Italia dan Inggris sama-sama memperebutkan tempat ketiga di Piala Dunia 1990. Keduanya mengalami kekalahan menyakitkan di semifinal Piala Dunia. Laga berlangsung pada tanggal 7 Juli 1990. Gol pembuka dicetak oleh Roberto Baggio. David Platt berhasil menyamakan kedudukan. Akan tetapi, tendangan penalti dari Salvatore Schillaci membawa tuan rumah meraih kemenangan. Gli Azzurri pun berhasil mengamankan tempat ketiga.

5. Italia 1-0 Inggris pada Euro 1980

Pelatih Ron Greenwood menyaksikan timnya berjuang untuk menciptakan peluang demi menembus pertahanan kokoh Italia. Sayang, gol babak kedua dari Marco Tardelli mengakhiri harapan Inggris di Euro 1980. Sang gelandang melepaskan tembakan dari jarak dekat untuk memastikan kemenangan tipis atas The Three Lions. Inggris pun tersingkir di babak penyisihan grup. Sementara itu, Italia hanya bisa mencapai perebutan tempat ketiga sebelum dikalahkan Republik Ceko.

 


(ADI)