Seorang Warga Binaan Lapas Tuban Terkonfirmasi Gejala HIV/AIDS

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

TUBAN : Sebanyak 212 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tuban mengikuti pemeriksaan screening TBC dan HIV/AIDS. Hasilnya, satu warga binaan terkonfirmasi gejala HIV/AIDS.

“Hasil screening hari ini satu orang warga binaan berinisial BS terkonfirmasi gejala HIV/AIDS,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Tuban, Siswarno, Sabtu 18 Maret 2023.

Selanjutnya, Siswarno menyerahkan warga binaan itu untuk ditindaklanjuti pihak Dinas Kesehatan Tuban. Sedangkan, untuk warga binaan yang terkena TBC bisa diobati di Klinik Pratama Tuban milik Lapas Tuban di bawah pengawasan Dokter Ratnasari Wijayanti dan Dokter Tommy.

“Kami dari pihak Lapas Tuban mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dan Puskesmas Kebonsari atas terlaksananya kegiatan screening, pemeriksaan TBC dan HIV/AIDS hari ini,” tambahnya.

baca juga : Komplotan Penipu Bermodus Gadaikan Emas Palsu di Jember Diringkus

Dia mengatakan pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023 dan Hari TBC Sedunia. “Tujuan dilakukan screening ini agar mengetahui kondisi dan keadaan warga binaan. Sehingga dapat dilakukan penanganan atau pengobatan dini,” pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait