Menang Imbau Shalat Idul Fitri di Rumah

 Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA: Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat muslim untuk menjalankan shalat Idul Fitri (Ied) di rumah. Sebab, di tengah pandemi Covid-19, keselamatan umat Islam merupakan wajib hukumnya.

"Kita minta masyarakat untuk sebaiknya shalat Ied di rumah masing-masing. Nggak apa-apa karena shalat Ied ini hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan, keselamatan diri, keluarga dan lingkungan itu hukumnya wajib. Jadi dahulukan yang wajib dari pada yang sunah," ungkapnya usai launching Peta Jalan Kemandirian Pesantren, Selasa 4 Mei 2021.

Untuk zona hijau dan kuning, Menag Yaqut mengatakan boleh menjalankan shalat Ied di masjid. Akan tetapi, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi dan kapasitasnya hanya 50% saja.

Begitu pula dengan shalat Ied di lapangan terbuka. Dia menekankan agar tetap memperhatikan faktor kelamatan bersama. Bahkan lebih baik shalat di rumah dari pada harus kelapangan yang bisa memicu kerumunan.

"Lebih baik sholat Ied di rumah dari pada di lapangan. Di rumah saja nggak apa-apa, karena sekali lagi menjaga kesehatan, keselamatan itu wajib," tegasnya.

Yaqut menambahkan bahwa shalat dengan memakai masker juga diperbolehkan. Menurut dia, tidak ada yang salah ketika harus shalat memakai masker karena saat ini sedang dalam masa darurat.

"Coba lihat di Masjidil Haram itu mereka shalat, semua pakai masker karena memang melindungi diri sendiri wajib hukumnya," pungkasnya.


(TOM)