RSUD Dr Soetomo Tak Muat, Ibu Hamil Positif Covid-19 Ditampung di RSPTI Unair  

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Membuludaknya pasien covid-19 di  RSUD Dr Soetomo membuat Gugus Tugas Covid-19 Jatim memutar otak. Solusinya, untuk  ibu hamil positif covid-19 akan dipindahkan ke  Rumah Sakit Penyakit Tropic Infeksi (RSPTI) Universitas Airlangga, Surabaya.  

"Karena di RS Soetomo sudah overload pasti tidak maksimal melayani. Saat ini (RSPTI) sedang dipersiapkan, semoga minggu ini selesai," kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, di Surabaya, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Menurut Joni, ibu hamil terkonfirmasi positif covid-19 terus berdatangan ke RSUD Dr Soetomo, meski saat ini sudah overload. Akibatnya,  banyak yang tak mendapatkan ruang isolasi khusus.

"Kami telah merawat 35 ibu hamil positif covid-19. Kalau tidak salah sekarang tinggal tujuh orang. Alhamdulillah semuanya selamat, dan bayinya juga sehat," kata dia.

Selain RSPTI Unair, Joni juga memaksimalkan Rumah Sakit Lapangan Covid-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, untuk dikembangkan merawat pasien covid-19 bergejala klinis berat dan kritis.
 
"Kedepan kita tingkatkan tidak hanya merawat pasien ringan, tapi juga yang berat dan kritis. Tadi sore sudah ada rapat dengan Pangkogabwilhan II, karena ini kebutuhan masyarakat," ungkapnya.
 

Rencananya, RS Lapangan Covid-19 akan ditambah kapasitasnya hingga 500 tempat tidur. Termasuk menyediakan 10 unit ruang perawatan intensif (ICU) dan 20 ruang high care unit untuk pasien klinis berat dan kritis.
 
"Kami juga berharap RSUD Bhakti Dharma Husada milik Pemkot Surabaya dinaikkan statusnya, dari menangani pasien covid-19 gejala ringan dan sedang menjadi RS Covid-19 gejala berat," jelasnya.
 


 


(TOM)

Berita Terkait