Mengintip Surga Bawah Laut Pantai Bohay

Terumbu karang dan ratusan ikan nemo di bawah laut Pantai Bohay Probolinggo. (metrotv) Terumbu karang dan ratusan ikan nemo di bawah laut Pantai Bohay Probolinggo. (metrotv)


PROBOLINGGO: Bagi anda yang suka berwisata di bawah air atau diving, tidak lengkap rasanya jika belum mampir ke Pantai Bohay.  Pantai  di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki surga bawah laut dengan ratusan jenis ikan hias dan terumbu karang. Tengok yuk....

Memasuki adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19, Pantai Bohay di Desa Binor,  Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi jujugan warga.

Tentu saja, penerapan protokol kesehatan diberlakukan pengelola wisata agar tempat wisata yang dibangun sejak januari tahun 2018 ini tidak menjadi klaster penyebaran virus korona.

Salah satu wahana yang belakangan digandrungi wisatawan adalah diving dan snorkeling.  Alasannya, karena pantai yang terletak 200 meter di sisi barat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton ini kaya akan terumbu karang.

Sebelum berdiving, pengunjung dibekali pelampung, sepatu selam, selang dan tabung oksigen. Sementara bagi penikmat snorkeling,  cukup pelambung dan selang katup udara.

Selama menempuh jarak 700 meter dari bibir pantai, pengunjung sudah dimanjakan eksotika alam Pantai Bohay. Diantaranya melewati kanal PLTU Paiton hingga swafoto di tengah laut dengan latar cerobong asap raksasa.

Selanjutnya, pengunjung bisa diving menyisir hamparan terumbu karang seluas 3,5 hektar, yang terbagi dalam dua spot. Pengunjung juga bisa bermain-main dengan ikan nemo yang menjadi satwa endemik alam bawah laut Pantai Bohay

Surga bawah laut Pantai Bohay menyajikan sekitar 550 jenis terumbu karang dan sedikitnya 600 jenis ikan. "Air bawah lautnya sangat jernih, "  ujar Ahsan Faradies,  pengunjung Pantai Bohay.

Untuk menikmati wisata diving, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 250 ribu  untuk sekali trip. Jika hanya bersnorkeling, maka cukup membayar tiket Rp 100 ribu.

Saat ini, diiving dan snorkeling Pantai bohay kian digandrungi. Sebab, selain alam bawah lautnya eksotis juga dinilai aman dari paparan covid-19. Penasaran? yuk ah ke Pantai Pohay....


(TOM)

Berita Terkait