Bersandar, 3 Kapal Nelayan di Pelabuhan Probolinggo Terbakar

Salah satu kapal yang terbakar saat bersandar di Pelabuhan/ist Salah satu kapal yang terbakar saat bersandar di Pelabuhan/ist

PROBOLINGGO: Tiga kapal perikanan antar pulau terbakar habis saat sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo., Jumat, 17 Maret 2023.

Ketiga kapal yang terbakar itu milik Kriswasto. Yakni, Kapal Motor (KM) Inti Nelayan 27 (97 Gross Tonage/GT), KM Inti Nelayan 16 (95 GT), dan KM Inti Nelayan 21 (98 GT).

Dugaan sementara, terbakarnya tiga kapal yang terjadi sejak Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB itu berasal dari kamar mesin salah satu kapal. Kobaran api baru bisa dipadamkan pada Jumat sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasat Polairud) Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, agar tidak merembet ke kapal-kapal lain, tiga kapal itu dievakuasi ke tengah laut.

BACA: 16 PSK Terciduk di Pasar Muneng Madiun

"Sesampai di tengah laut, ketiga kapal itu dipadamkan dengan peralatan pemadaman sejumlah kru kapal-kapal lain. Selain itu, pemadaman juga melibatkan pihak pemadam kebakaran (Damkar) Pemkot Probolinggo, "  ujarnya.

AKP Slamet menjelaskan, dari keterangan sementara, tiga kapal tersebut terbakar karena adanya percikan api di kamar mesin KM Inti Nelayan 27. Kemudian api membesar setelah menyambar tangki BBM solar.

Dua kapal yang berlabuh berdampingan di dermaga PPP Mayangan ikut tersambar kobaran api yakni, KM Inti Nelayan 16 dan KM Inti Nelayan 21.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tiga kapal nelayan ini. Kerugian material ditaksir sekitar Rp3 miliar,” ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait