Segera Taubat! Ini Siksaan Paling Ringan Penghuni Neraka

Ilustrasi neraka sumber oase.id/ unspalsh: Andy Watkins Ilustrasi neraka sumber oase.id/ unspalsh: Andy Watkins

CLICKS:  Dalam agama Islam neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi umatnya yang senantiasa berbuat dosa. Sama seperti dengan surga, neraka juga memiliki tujuh tingkatan.

Di akhirat nanti, umat Islam yang memiliki amalan buruk lebih berat dari kebaikannya, akan dimasukkan ke neraka.

Allah SWT telah menjelaskan gambaran siksaan yang ada di neraka. Berbagai macam siksaan yang diberikan kepada penghuni neraka. Tentu kita semua ingin terhindar dari siksa api neraka, baik ringan maupun yang berat.

Namun sebagai gambaran, artikel ini membahas siksaan yang paling ringan jika berada di neraka.

Dilansir dari Dadali.id, ada beberapa hadis yang menceritakan bahwa siksaan yang paling ringan untuk penghuni neraka. Berikut, beberapa hadis yang mendukung soal siksaan paling ringan di neraka.

Baca juga: 3 Jenis Zina dalam Islam, Semuanya Termasuk Dosa Besar!

Abu Said Al-Khudri r.a. telah meriwayatkan suatu hadis sebagai berikut:

Rasulullah bersabda, “Sungguh siksaan yang paling ringan bagi penduduk neraka adalah ia memakai sandal dari api yang dapat mendidihkan otaknya karena panasnya kedua sandalnya.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah juga bersabda. “Penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah Abu Thalib. Dia memakai sandal yang keduanya dapat mendidihkan otaknya.” (HR. Muslim).

Sahabat Nu’man bin Basyir pun ketika suatu saat menyampaikan khutbahnya, ia mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda. “Sungguh siksa yang paling ringan bagi penduduk neraka di hari kiamat adalah seseorang yang diletakkan di ujung kedua tumitnya dua bara api yang dapat mendidihkan otaknya.” (HR. Muslim).

Selain itu, Nu’man bin Basyir juga meriwayatkan hadis lain. Rasulullah bersabda, “Sungguh siksa yang paling ringan bagi penduduk neraka adalah ia kenakan sepasang sandal dan keduanya terbuat dari api yang dapat mendidihkan otaknya seperti tungku api yang bisa mendidihkan. Orang lain terlihat siksanya lebih berat dari padanya, dan sungguh ia mendapatkan siksaan yang paling ringan.” (HR. Muslim)

Itulah beberapa rangkuman hadis terkait siksa api neraka dengan tingkat paling ringan. Segeralah bertaubat sehingga Anda dapat menjadi umatnya yang beriman agar terhindar dari siksa api neraka. (Nuansa Islami)


(UWA)