Shin Tae Yong Ternyata Sempat Ragukan Anak Asuhnya

Selebrasi Rahmat Irianto usai membobol gawang kuwait/pssi Selebrasi Rahmat Irianto usai membobol gawang kuwait/pssi

Jakarta: Timnas Indonesia sukses membungkam tuan rumah, Kuwait, dengan skor 2-1 pada babak kualifikasi Piala Asia 2023. Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengaku sempat ragu anak asuhnya dapat meraih kemenangan.

"Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras," ujar Shin dilansir dari Antara,Kamis, 9 Juni 2022.
 

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, suhu yang mencapai 40 Celcius membuat dirinya sempat ragu. Bahkan dirinya merasakan temperatur di dalam arena pertandingan lebih panas dibanding di luar stadion.

"Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu," kata pria berusia 52 tahun tersebut.

Alasan kedua, jejak pertemuan Indonesia dan Kuwait yang memiliki banyak catatan merah. Sebelum laga tersebut, kemenangan terakhir Indonesia dari Kuwait terjadi pada 1980 atau 42 tahun lalu. Terlepas dari seluruh keraguan ini, Marc Klok dan kawan-kawan ternyata menunjukkan performa sangat baik di hadapan pendukung tuan rumah.

"Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik," ucap Shin.

Gol Indonesia pada laga kontra Kuwait di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad dilesakkan Marc Klok melalui titik penalti dan Rachmat Irianto. Kuwait sejatinya unggul terlebih dahulu via gol Yousef Al Sulaiman.

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin sekaligus menjaga peluang skuad "Garuda" lolos ke Piala Asia 2023.

Witan CS menghadapi Yordania pada Minggu, 12 Juni 2022. Indonesia dijadwalkan bertemu Nepal pada pertandingan penutup Grup A dua hari setelahnya. Shin Tae-yong berkomitmen anak asuhnya memberi penampilan terbaik bagi fan Indonesia.

"Kami akan memberikan penampilan terbaik pada dua laga tersebut," kata Shin Tae-yong


(UWA)

Berita Terkait