5 Aplikasi Alternatif saat WhatsApp Down

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : 5 aplikasi alternatif saat WhatsApp down perlu diketahui karena bisa membantu Anda tetap terhubung dengan orang lain. Jadi, saat WhatsApp down, komunikasi Anda tidak terputus. WhatsApp sempat down sekitar 6 jam beberapa waktu lalu. Akibatnya, banyak pengguna mencari alternatif lain agar tetap bisa terhubung dengan kolega, teman, atau keluarga di luar sana.

Salah satu saingan WhatsApp yang mendulang keuntungan dari downnya layanan adalah Telegram. CEO Telegram Pavel Durov sempat mengakui di channelnya, down-nya WhatsApp mengakibatkan platform tersebut memperoleh 70 juta pengguna baru. Hal ini membuktikan ada aplikasi alternatif di luar sana yang dapat digunakan saat WhatsApp down.

Berikut ini 5 aplikasi alternatif saat WhatsApp down.

1. Telegram

Seperti disebutkan di atas, Telegram menjadi salah satu alternatif pertama yang dapat dicoba pengguna. Telegram menawarkan opsi untuk membagikan file, set pesan untuk hancur sendiri, dan chat di dalam grup hingga 200.000 pengguna.

Menariknya, Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk sinkronisasi pesan di seluruh perangkat Anda. Layaknya WhatsApp, Telegram tersedia di platform Android dan iOS.

Baca Juga : Pasca Bocah Hilang Ditemukan Berkat Twitter, Netizen Berlomba Cari Ayah,Kakak hingga Bude

2. Signal

Di antara 5 aplikasi alternatif saat WhatsApp down ada Signal. Signal menggunakan koneksi data untuk mengirim pesan end-to-end atau voice note, gambar, atau video ke induvidual atau grup. Layaknya WhatsApp, Signal memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara atau video satu per satu.

3. Wire

Wire menjadi salah satu alternatif dari Edward Snowden, sebagaimana dikutip dari Wired. Sebenarnya aplikasi Wire ini gratis untuk digunakan, namun juga ada level premium. Ini karena, Wire juga menyebut dirinya sebagai kumpulan kolaborasi yang memungkinkan panggilan konferensi dan berbagi file.

4. Viber

Viber awalnya dikembangkan oleh perusahaan Israel Viber Media, aplikasi perpesanan lintas platform yang dibeli perusahaan Jepang Rakuten pada 2014. Enkripsi end-to-end artinya pesan satu lawan satu, pesan grup, dan berbagi media hanya disimpan di perangkat dan tidak disipan di server Viber pusat.

5. Wickr

Layaknya Wire, Wickr adalah aplikasi yang sedikit lebih ditujukan utuk bisnis dibanding pengguna individu. Wickr menyediakan ruang kerja di mana orang dapat mengobrol dengan aman.


(ADI)

Berita Terkait