Bubar! Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar 20 Mei-11 Juni mendatang. Keputusan itu menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"FIFA telah memutuskan, karena melihat keadaan saat ini untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis keterangan resmi FIFA, Rabu (29/3) malam.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," lanjut keterangan FIFA.

Keputusan itu kemungkinan melihat polemik keikutsertaan Israel di turnamen sepak bola dunia kelompok umur 20 tahun itu.

BACA: Gaduh Penolakan Israel di Piala Dunia U20, Jokowi: Jangan

FIFA juga menyinggung potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, akan tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan ke Presiden Joko Widodo dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan Malang yang terjadi pada Oktober 2022 lalu.


"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat," jelasnya.


(TOM)

Berita Terkait