5 Daerah Penghasil Aspal di Indonesia, Salah Satunya di Surabaya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Aspal merupakan elemen paling penting dalam pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia, khususnya jalan. Aspal merupakan bahan membuat jalan paling kuat, mudah untuk dipasang melapisi jalan dan tahan lama meski harus dilapisi setiap beberapa bulan sekali. Berikut lima daerah penghasil aspal di Indonesia:

1. Pulau Buton

Di pulau buton merupakan salah satu tempat yang banyak menghasilkan aspal. Pada tahun 1924 kekayaan alam pulau ini ditemukan pada kekuasaan pemerintahan Belanda dibawah naungan W.h. Hetzel. Perusahaan pertambangan aspal di pulau buton Ini hingga resmi diambil alih oleh PT Sarana Karya pada tahun 1984.

Pada saat ini pulau buton sedang dikaji kualitas aspalnya oleh perusahaan WIKA Bitumen untuk menurunkan jumlah aspal yang diimpor ke dalam Indonesia. Meskipun pulau buton ini merupakan daerah penghasil aspal terbanyak dan terbaik. Namun, akses jalan di daerah ini justru banyak yang rusak dan memprihatinkan.

2. Wonokromo, Jawa Timur

Penghasil aspal paling banyak yang berasal dari Surabaya tepatnya di Wonokromo. Kualitas aspalnya tidak sebagus di pulau buton, tetapi masih bisa digunakan untuk membuat aspal jalan raya. Potensi hasil aspal di Wonokromo ini telah dilirik oleh beberapa perusahaan tambang untuk menjadi berbagai olahan aspal.

 Pengembangan produksi aspal di Wonokromo pada saat ini sedang ditingkatkan agar dapat mencukupi kebutuhan aspal di Indonesia.

3. Dumai

Daerah yang satu ini juga merupakan penghasil aspal terbesar di Indonesia. Pertambangan aspal di Dumai mempunyai kualitas yang tinggi, sehingga diakui oleh kementerian PUPR sebagai standar aspal yang baik. Aspal ini juga ditangani langsung oleh BUMN Indonesia, yaitu PT Pertamina.

4. Musi Banyuasin

Musi Banyuasin merupakan kota atau daerah yang terletak di Sumatera Selatan yang memiliki tambang aspal yang cukup besar. Di daerah ini aspal tidak dijadikan sebagai bahan melapisi jalan raya, tetapi diolah dengan unik dan berkualitas tinggi.

Sebab, aspal Musi memiliki kelenturan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan aspal yang lain pada umumnya. Adpal jenis ini tidak mudah pecah dan lebih awet jika digunakan pada berbagai medan tanah yang ada di Indonesia.

5. Cilacap

Daerah penghasil aspal di Indonesia selanjutnya yakni Cilacap. Cilacap merupakan daerah dengan penghasil aspal di Indonesia yang cukup besar dan sedikit berbeda dengan aspal yang di produksi di daerah lain. Aspal yang diproduksi di daerah Cilacap ini memiliki kualitas yang lebih tinggi sehingga lebih halus.

Aspal ini juga digunakan di bandara sebagai landasan dari pesawat terbang. Beberapa aspal ini diolah menjadi berbagai macam bahan, seperti kedap suara, anti getaran dan juga anti karat.

 


(ADI)

Berita Terkait