Mudik Gratis Pemkab Malang, Tujuan Madura Hampir Penuh

Ilustrasi Ilustrasi

MALANG: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyiapkan enam armada bus untuk program mudik gratis pada Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi. Program mudik gratis untuk umum ini memiliki berbagai macam tujuan.

Pertama, jurusan Malang-Madura (Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep). Kedua jurusan Malang-Nganjuk-Madiun-Ngawi dan ketiga, jurusan Malang-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi.

Keempat, jurusan Malang-Trenggalek-Ponorogo-Pacitan. Kelima, jurusan Malang Probolinggo-Jember-Bondowoso dan terakhir jurusan Malang-Lamongan-Tuban.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, mengatakan masing-masing armada memiliki kapasitas 50 penumpang. Hingga saat ini, banyak masyarakat yang telah mendaftar mudik gratis pada jurusan Malang-Madura.

BACA: Unik, Masjid di Tuban Berdiri Kokoh dengan Satu Tiang Pohon Jati

“Jurusan Madura hampir penuh, sudah kurang lebih 80 persen pendaftar. Jika memenuhi kuota akan segera kita tutup,” kata Bambang, Kamis 30 Maret 2023.

Selain jurusan Malang-Madura, ada beberapa jurusan yang juga diminati oleh masyarakat, yakni jurusan Malang-Trenggalek-Ponorogo-Pacitan dan jurusan Malang Probolinggo-Jember-Bondowoso.

Sejauh ini, pihaknya masih belum membuka opsi terkait penambahan kuota armada mudik gratis. Sebab opsi tersebut masih butuh evaluasi terlebih dahulu.

“Perlu evaluasi terlebih dahulu. Nanti kita lihat perkembangannya. Kalau memang perlu di tambahkan dan kita bisa menambahkan, pasti kita tambahkan. Nanti kita lihat kondisinya,” bebernya.

Layanan mudik gratis Pemkab Malang ini dijadwalkan berangkat pada pada 18 April 2023. Pemberangkatan dilaksanakan dari Pendopo Kabupaten Malang Jalan KH Agus Salim, Kota Malang, Jawa Timur.

Masyarakat yang ingin mendaftar layanan ini bisa mendatangi kantor Dishub Kabupaten Malang, UPTD Kepanjen, Singosari, Tumpang, Gondanglegi, Pujon, Pagak, Turen, dan Dampit. Saat pendaftaran, masyarakat diminta untuk membawa persyaratan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK).

 


(TOM)

Berita Terkait