Mau Beli Kerajian Kulit Kualitas Internasional? Yuk ke Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin

Sudut di galeri Industri Tas dan Koper (Intako) yang menjual produk berbahan kulit khas Tanggulangin, Sidoarjo, Medcom.id - Hadi Sudut di galeri Industri Tas dan Koper (Intako) yang menjual produk berbahan kulit khas Tanggulangin, Sidoarjo, Medcom.id - Hadi

Clicks: Bagi para pecinta dan pengoleksi kerajinan kulit, jangan sampai kelewatan nih sama yang namanya IKM Tanggulangin atau disebut juga Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin. Seperti namanya, IKM Tanggulangin berlokasi di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

Di sini, dijual bermacam barang yang berbahan dasar dari kulit asli maupun sintetis. Mulai dari tas, koper, dompet, ikat pinggang, jaket hingga sepatu ditawarkan di IKM Tanggulangin.

Untuk kualitas jangan diragukan lagi, sudah bisa disamakan dengan kualitas internasional lho dan harganya pun juga terjangkau jika dibandingkan dengan produk serupa di pasaran. Tak heran jika wisatawan mancanegara pun sangat tertarik untuk berkunjung ke sini.

Sebenarnya kerajinan kulit di Tanggulangin sudah ada sejak 1939. Ketika itu beberapa pengrajin kulit sudah mulai membuat barang-barang seperti tas dan koper.  Kemudian, sekitar 1975 didirikanlah Koperasi Industri Tas dan Koper (INTAKO).

Namun sayangnya, peristiwa semburan lumpur Lapindo yang terjadi pada 2006 membuat wisatawan yang datang ke IKM Tanggulangin menurun drastis, begitu pun dengan omzet penjualannya. Hal ini disebabkan karena luapan lumpur menghambat akses kendaraan dari arah Malang dan Probolinggo. Sedangkan akses lain seperti dari arah Surabaya masih lancar.

Tetapi selalu ada cahaya di ujung lorong yang gelap, perbaikan perekonomian kerap dilakukan oleh pemerintah. Sudah banyak perbaikan yang dilakukan, yaitu dari 2017, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggaet Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk membantu kegiatan revitalisasi IKM Tanggulangin.

Revitalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ekosistem bisnis di IKM Tanggulangin serta diiyakini dapat memberikan daya tarik bagi para wisatawan, agar mereka merasa nyaman untuk berbelanja dan berekreasi di sini.

Nah jadi buat kalian yang berencana untuk berwisata ke daerah Sidoarjo, jangan lupa masukkan Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin ke dalam list liburan kamu ya!


(SYI)