Perekonomian Indonesia Terus Membaik Selama Masa Transisi

Ilustrasi warga Jakarta. MI/Ramdani Ilustrasi warga Jakarta. MI/Ramdani
Jakarta: Sektor perekonomian nasional dan pariwisata terus membaik selama masa transisi pandemi ke endemi covid-19.Juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut hal tersebut merupakan sinyal kebangkitan perekonomian yang meredup selama pandemi.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam meningkatkan aktivitasnya untuk mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," ujar Wiku dilansir dari Medcom.id,Kamis,3 Juni 2022.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Ekonomi Indonesia pada Kuartal 1 Tahun 2022 terjadi perbaikan dengan pertumbuhan 5,01 persen. Angka ini meningkat dibandingkan saat awal pandemi tahun 2020 dengan angka hanya sebesar 2,97 persen secara tahunan.

Selain itu, Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi nasional. Salah satunya meningkatkan kerja sama dengan negara lain melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada Rabu, 1 Juni 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif bersama Satgas Penanganan Covid-19 melakukan pertemuan dengan Pemerintah Singapura. Dalam pertemuan tersebut membahas kebijakan pariwisata, pelonggaran pembatasan perjalanan, serta optimalisasi destinasi wisata Batam, Bintan, dan Bali.

"Momentum ini harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk akselerasi di semua sektor, terkhusus transportasi udara, untuk bisa bersaing dan mendukung aktivasi sektor pariwisata nasional dan internasional," kata Wiku.


(UWA)

Berita Terkait