Diserang Hama Misterius, Ribuan Cengkeh di Madiun Mengering

Ribuan pohon cengkeh di Madiun diserang hama/metrotv Ribuan pohon cengkeh di Madiun diserang hama/metrotv

MADIUN: Petani cengkeh di Kabupaten Madiun, Jawa Timur menjerit setelah tanamannya rusak diserang hama. Serangan hama yang belum diketahui jenisnya ini berdampak pada anjloknya hasil panen cengkeh.

Kondisi ini terlihat pada ribuan pohon cengkeh di perkebunan petani di Desa Kare, Kecamatan Kare. Para petani cengkeh resah setelah mendadak mengetahui pohon cengkeh mereka rusak dan mati.

Supriyanto, salah satu petani mengatakan kerusakan diawali dari menguning dan mengeringnya daun cengkeh. Lama kelamaan, ranting ikut mengering hingga pohon cengkeh cengkeh gundul tanpa daun.  

BACA: Sekandang, 8 Kambing di Situbondo Mendadak Mati

"Kami tidak mengetahui hama apa yang sedang menyerang pohon cengkeh mereka, padahal harga cengkeh basah saat ini sedang membaik, sementara pohon cengkeh banyak yang mati, " keluhnya.

Petani juga tidak tahu harus bagaimana mengatasi serangan hama tersebut sedangkan perhatian dari Dinas Pertanian  setempat tak kunjung tiba.

Akibatnya, jasil panen menurun. Jika normal, dalam satu pohon mampu menghasilkan 10  kilogram cengkeh. Namun  saat ini hanya mampu meraup hasil panen tidak lebih dari 50  kilogram.

Petani berharap ada solusi mengatasi kerusakan pohon cengkeh di Kabupaten Madiun. Sebab, cengkeh merupakan komoditas penopang kehidupan warga, khususnya di Kecamatan Kare.

 

 


(TOM)

Berita Terkait