Sekeluarga di Lumajang Meninggal Tertimpa Longsor

Longsor di jalur Lumajang-Malang/ist Longsor di jalur Lumajang-Malang/ist

LUMAJANG: Tiga warga Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang meninggal akibat tertimpa longsor, pada Jumat 7 Juli 2023. Sementara Jalur Lumajang-Kabupaten Malang via Dampit juga terputus akibat tebing yang longsor.

BPBD Lumajang menyebut tiga warga yang meninggal adalah satu keluarga yang rumahnya tertimpa longsor. Yaitu Galih Adi Perkasa, 23 tahun, Candra Agustina, 20 tahun, dan Galang Naendra Putra, bayi berusia 4 bulan.

Ketiganya berhasil dievakuasi dan telah dimakamkan. Mendiang suami dimakamkan di Dusun Sriti. Sedangkan sang istri dan anaknya dimakamkan di Desa Pasirian.

Jalur Malang-Lumajang Lumpuh

Selain memakan korban jiwa, longsor di Lumajang juga menutup akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Malang dan Lumajang, yakni di Piket Nol Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Longsor terjadi tepatnya di Kilometer (KM) 59 jalur piket nol Lumajang-Malang pada Jumat 7 Juli 2023. Pantauan visual di lapangan memperkirakan panjang longsor sekitar 20 meter dengan ketinggian 10 meter.

BACA: Gangguan Atmosfer, Waspada Cuaca Ekstrem di Jatim Pekan Ini

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung meminta agar pengguna jalan mencari jalur alternatif. Sebab hingga Jumat sore, jalur Lumajang-Malang via Dampit belum normal.

"Kami memasang imbauan agar kendaraan putar balik di Simpang Tiga Kecamatan Turen dan di Simpang Empat Kecamatan Dampit," katanya.

Tim gabungan telah mengerahkan alat berat guna melakukan pembukaan jalan yang tertutup total. Namun, kondisi cuaca di lokasi kejadian belum memungkinkan untuk melanjutkan upaya penanganan darurat.

 


(TOM)

Berita Terkait