Pembangunan Parkir Stadion Gajayana Telan Rp 6,4 Miliar

Stadion Gajayana Malang/ist Stadion Gajayana Malang/ist

MALANG: Dana sebesar Rp 6 miliar lebih digelontorkan Pemkot Malang untuk membangun parkiran vertikal di kompleks Stadion Gajayana. Sesuai rencana, pembangunan akan dimulai pada September 2023.

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan parkiran vertikal ini nanti terdiri dari tiga lantai dengan pembiayaan bersumber dari APBD sebesar Rp6,4 miliar.

"Rencananya nanti akan ada tiga lantai. Untuk kapasitasnya mampu menampung sekitar 1.400 motor. Nanti mobil di lantai satu, motor di lantai dua dan tiga," ujarnya pada Rabu 19 Juli 2023.

Saat ini, lanjut Widjaja, tahapan proyek tersebut sudah sampai penyempurnaan Detail Enginering Desain (DED). Konstruksi parkiran vertikal direncanakan dibangun dengan panjang 33,5 meter dan lebar 20 meter.

“Selama ini kawasan tersebut tidak mampu menampung parkir. Sehingga banyak yang parkir di badan jalan yang menyebabkan kemacetan," ujarnya.  

BACA: Pilih Mondok, Sekolah Swasta di Surabaya Kekurangan Murid

Di Kompleks Stadion Gajayana selain ada pusat olahraga juga ada fasilitas lain seperti Mal Olympic Garden, Hotel dan UMKM. Hal ini menyebabkan banyak orang yang berkunjung ke tempat itu sehingga membutuhkan tempat parkir yang memadai.

"Ada pusat perbelanjaan dan kawasan pusat olahraga juga. Lalu kalau hari Minggu ada CFD dan kadang kegiatan lainnya," ujarnya.

Proses pengerjaan parkiran vertikal di Stadion Gajayana ini bakal mulai dikerjakan pada September 2023 mendatang dan   Diperkirakan rampung dalam kurang lebih sekitar tiga bulan.


(TOM)

Berita Terkait