Gantikan Ayah yang Meninggal, Riza Jadi Calon Haji Termuda

Reza menjadi calon jamaah haji termuda setelah menggantikan ayahnya yang wafat (Foto / istimewa) Reza menjadi calon jamaah haji termuda setelah menggantikan ayahnya yang wafat (Foto / istimewa)

MOJOKERTO : Muhammad Badriz Zaman bakal menjadi calon haji termuda asal Kabupaten Mojokerto. Warga Desa Medali, Kecamatan Puri ini haji bersama sang ibunda, Anis Sofiah, menggantikan sang ayah yang meninggal pada 2021 lalu. Pemuda 18 tahun itu akan berangkat pada 21 Juni 2023 mendatang. Keduanya tergabung dalam embarkasi Surabaya kloter 81.

Sejumlah persiapan telah dilakukan. Di antaranya baju ihram lengkap dengan baju lainya yang sudah disiapkan di dalam koper. Selain itu, kesiapan fisik dan mental juga disiapkan setiap harinya. Karena, Riza akan mendampingi sang ibu dan pamannya di Tanah Suci.

"Saya disuruh keluarga gantikan ayah yang meninggal tahun 2021. Alhamdulillah senang sekali, persiapannya adalah fisik dan mental sudah siap," kata Riza, Selasa 30 Mei 2023.

baca juga : Pungli Akta Tanah, Kades Dijebloskan Penjara

Sementara itu, Anis Sofiah mengatakan telah mendaftar haji bersama mendiang suaminya pada 2011 lalu. Dia baru mendapat kepastian untuk berangkat haji tahun ini. "Persiapannya ya sudah 90 persen, tinggal tunggu koper sama lainnya. Berangkat tanggal 21 Juni bulan enam ini," kata Anis.

Diketahui, total 1.206 calon haji asal Kabupaten Mojokerto berangkat ke Tanah Suci Makkah tahun ini. Semula, para jemaah rencananya berangkat pada 17 Juni 2023 mendatang tergabung dalam kloter 81 hingga 84. Namun keberangkatan diundur menjadi 21 Juni 2023.


(ADI)

Berita Terkait