Gunung Bromo Dipadati 10 Ribu Wisatawan Saat Libur Iduladha

Wisatawan di Gunung Bromo/ist Wisatawan di Gunung Bromo/ist

MALANG: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) mencatat ada 10 ribu lebih wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Gunung Bromo dan sekitarnya selama masa liburan Hari Raya Iduladha 1444 H tahun 2023, yakni selama periode 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

"Tercatat 10.142 pengunjung dengan rincian 10.020 pengunjung domestik dan 122 pengunjung mancanegara di kawasan wisata Bromo dan Ranu Pane-Ranu Regulo," kata Kepala Bagian Tata Usaha BB-TNBTS, Septi Eka Wardhani, Senin, 3 Juli 2023.

Septi menerangkan ribuan pengunjung itu masuk dari empat pintu masuk kawasan wisata Bromo. Antara lain di Wonokitri, Kabupaten Pasuruan sejumlah 2.586 pengunjung dan di Cemorolawang, Kabupaten Probolinggo sejumlah 2.808 pengunjung.

Kemudian, pintu masuk Coban Trisula, Kabupaten Malang sejumlah 3.644 pengunjung. Terakhir, di pintu masuk Senduro dan Ranupani, Kabupaten Lumajang sejumlah 1.104 pengunjung.

BACA: Berbahaya, Ini 13 Daftar Kosmetik Pemicu Kanker Kulit

"BB-TNBTS melaksanakan pengamanan terpadu bersama aparat TNI-Polri, Pemerintah Daerah, serta Mitra TNBTS untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas kunjungan dan kenyamanan pengunjung di Kawasan Bromo. Arus lalu lintas selama liburan Iduladha 1444 H terpantau padat dan masih bisa terkendali," jelasnya.

Sebelumnya, BB-TNBTS membatasi jumlah kunjungan harian di kawasan wisata Bromo dan sekitarnya selama masa liburan Hari Raya Iduladha, yakni maksimal 2.751 orang per hari.

"Pembelian karcis dilakukan secara online melalui website: bookingbromo.bromotenggersemeru.org, kecuali kunjungan di lokasi Ranu Regulo," imbuhnya.

Di sisi lain, Septi menyebutkan status aktivitas Gunung Bromo saat ini adalah waspada atau level II. Sehingga pengunjung diimbau tidak mendaki ke kawah Gunung Bromo dan melakukan aktivitas wisata pada radius 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

"Kepada masyarakat dan pengunjung diharapkan untuk ikut melestarikan dan menjaga kawasan konservasi dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di dalam kawasan konservasi. Jadilah pengunjung cerdas dan bertanggung jawab kepada alam," terangnya.


(TOM)

Berita Terkait