Jelang Pemilu 2024, Elektabilitas Nasdem Tembus 5 Besar

Partai Nasdem/ist Partai Nasdem/ist

JAKARTA: Partai NasDem masuk dalam 5 besar partai nasional yang memiliki elektabilitas tertinggi menjelang Pemilu 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Survei yang dilakukan pada 9-17 Mei 2024 dengan 1.200 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia itu menempatkan NasDem diurutan ke-5 dengan presentase 8,1%.

Dalam survei itu, NasDem unggul atas partai lainnya seperti PKB, PKS, Perindo, PAN, PPP, serta partai lainnya. Sementara di posisi ke-4 ada Demokrat dengan 9,9%, Golkar di tempat ke-3 dengan 10,5%, lalu Gerindra 16,8% menempati posisi kedua dan PDI Perjuangan dengan presentase 18,6%.

"Menurut survei LSJ jika pemilu dilakukan saat ini, PDI Perjuangan mendominasi dengan 18,6% yang mana menjadikannya partai terkuat dari 17 partai peserta pemilu lainnya," ujar Peneliti LSJ Fitra Ardianto dalam konferensi pers, Rabu (23/5).

BACA: Daftarkan 50 Bacaleg, Nasdem Gresik Targetkan

Adapun, survei tersebut dilakukan di 34 provinsi di seluruh Indonesia secara proporsional. Artinya provinsi dengan populasi besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah akan mendapat sampel besar. Sementara Provinsi Babel, Sulbar, Gorontalo, Kaltara dan Papua yang populasinya kecil dengan sendirinya jumlah sampel pun sedikit.

Margin of error kurang lebih 2,8% dan tingkat kepercayaan mencapai 95%. Pengumpulan data melalui teknik wawancara via telpon dengan responden 50% laki-laki, 50% perempuan, kemudian 60% responden di pedesaan dan 40% di perkotaan.

 


(TOM)

Berita Terkait