Sumber Krabyakan, Pesona Wisata Alam Murah Meriah

Selain menikmati indahnya alam, pengunjung juga bisa memanfaatkan kolam terapi ikan. (metrotv) Selain menikmati indahnya alam, pengunjung juga bisa memanfaatkan kolam terapi ikan. (metrotv)

MALANG:  Kabupaten Malang pantas disebut salah satu “surga” wisata alam. Tidak hanya banyak pilihan lokasi, namun biaya juga terjangkau kantong. Bahkan, ada yang cuma bertiket Rp 5 ribu sudah bisa menikmati paket lengkap wisata alam. 

Lokasi wisata alam murah meriah ini,  terletak kurang dari 1 kilometer dari jalan tol Pandaan- Malang. Namanya, wisata alam Sumber Krabyakan. Tepatnya, di kaki bukit Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
 
Dari pelataran parkir, pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 200 meter, melintasi hamparan sawah padi milik warga dan sungai irigasi pertanian desa setempat.  Dasar sungai dapat dilihat secara kasat mata dari kejauhan, karena jernihnya air pegunungan. 

Dengan tiket masuk Rp 5 ribu per orang, setiap wisatawan memiliki kebebasan memanfaatkan sejumlah fasilitas. Mulai kolam renang,  kolam ikan dan saranan penunjang lainnya. 

Kolam renang  satu diantara 16 desa wisata pilihan Kabupaten Malang ini  terbagi di dua lokasi terpisah. Meski sama-sama memanfaatkan air sumber dari bukit di selatannya.   Sementara di sekeliling 2 kolam utama tersebut tersebar sejumlah kolam ikan hias  serta kolam ikan terapi .  Hanya  membayar Rp  3 ribu sudah bisa bermanja-manja dengan ikan. 

Uniknya, diantara kolam renang dan kolam ikan ini, sejumlah sungai irigasi mengalir dari atas bukit ke dataran di bawahnya. Air jernih dan sejuk  menjadi alasan bagi anak-anak dan orang dewasa  betah berlama-lama bermain di dalamnya. 
 
"Kami juga menyediakan ban dalam mobil yang dapat digunakan sebagai sarana bermain tubbing di aliran sungai, " ujar Guntoro, Pengelola Taman Wisata Alam Sumber Krabyakan. 

Meski hanya memiliki lebar 1 meter,   namun sensasi bermain seluncuran di derasnya sungai irigasi jernih ini  mampu menyembuhkan suasana penat dan bosan selama bekerja atau berada di rumah.  Jauhnya lokasi yang berada di lereng bukit, terbayar lunas setelah  menikmati keindahan alam yang ada  Sumber Krabyakan. 


(TOM)

Berita Terkait