Total Ada 10 Kasus Mutasi B117 yang Teridentifikasi di Indonesia, di Mana Saja?

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan adanya tambahan kasus mutasi virus covid-19 B117 di Indonesia. Total terdapat 10 orang yang teridentifikasi terpapar mutasi virus asal Inggris tersebut. 

"Total ada 10 (kasus) pada pemeriksaan genetik virus yang ada B117," kata juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada Medcom.id, Kamis, 8 April 2021.

Temuan kasus itu berdasarkan pengambilan sampel positif pada Februari hingga Maret 2021. Terdapat tiga kasus B117 yang ditemukan di Tanah Air. Dengan rincian, dua kasus di Kabupaten Karawang dan satu kasus di Sumatra Utara (Sumut).

Berikut rincian 10 kasus B117 yang terlacak di Tanah Air:
1. Kabupaten Karawang: Empat kasus
2. Sumatra Utara: Dua kasus
3. Kalimantan Timur: Satu kasus
4. Kalimantan Selatan: Satu kasus
5. Sumatra Selatan: Satu kasus
6. Kota Bogor: Satu kasus.

Varian B117 merupakan mutasi virus yang ditemukan di Inggris. Mutasi virus tersebut pertama kali terdeteksi di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Karawang, pada Februari 2021.

Pemerintah pun memperketat pelaku perjalanan internasional demi mengantisipasi penyebaran varian B117 semakin meluas. Pengetatan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional. (Fachri Audhia Hafiez)


(SYI)

Berita Terkait