Disurati Persebaya dan Persis, PSSI Putuskan Percepat KLB

Ketum PSSI, Iwan Bule saat penuhi panggilan penyidik Polda Jatim (Foto / Metro TV) Ketum PSSI, Iwan Bule saat penuhi panggilan penyidik Polda Jatim (Foto / Metro TV)

JAKARTA : Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menyatakan akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan itu berdasarkan surat yang diterima PSSI dari Persis Solo dan Persebaya Surabaya. Surat itu berisi desakan untuk menggelar KLB usai Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.

"Memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya," kata Iwan Bule, Jumat 28 Oktober 2022.

Dia menyatakan, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tidak menginginkan ada perpecahan antaranggotanya. "Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI," kata dia.

Keputusan diambil berdasarkan rapat darurat yang dihadiri 12 anggota Exco PSSI. Rencananya, KLB akan digelar dalam waktu tiga bulan ke depan. "Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan KLB dan dalam jangka waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi," ucap dia.

Tahapan verifikasi dilakukan sesuai Statuta PSSI Pasal 34 ayat 2. Setelahnya, PSSI akan mengirim surat kepada FIFA yang berisi izin menggelar kongres. Surat itu akan dibeberkan kepada publik pada Senin 31 Oktober 2022.

baca juga : Soal Kelanjutan Liga 1, Begini Kata Ketum PSSI

"Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi liga 1, liga 2, dan liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air," ujarnya.

 

 


(ADI)