5 Cara Menyegarkan Mata Lelah karena Sering Menatap Layar

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Matamu terasa tegang, kering, dan pandangan kabur? Bisa jadi karena kamu terlalu lama menatap layar komputer atau gawai. Jangan tunda-tunda, lakukan kebiasaan berikut agar matamu kembali segar!

Meski nggak berbahaya dan bisa membaik sendiri setelah istirahat, mata lelah yang dibiarkan terus-menerus bisa menimbulkan gangguan penglihatan yang serius. Lakukan tips menyegarkan mata berikut ini:

Menutup Mata dengan Telapak Tangan

Menutup mata dengan telapak tangan merupakn cara yang efektif untuk mengendurkan otot-otot di sekitar mata. Dengan rileksasi mata seperti ini, kamu bisa menghilangkan stres dan kelelahan. Tutup mata dengan telapak tangan setiap 90 menit sekali saat kamu sedang menatap layar komputer.

Masih bingung dengan cara melakukannya? Tutup mata kamu. Dengan kedua telaapak tangan berada di mata dan jari-jari berada di dahi, tekan dengan lembut mata kamu. Lakukan hal ini beberapa kali sampai mata terasa rileks kembali.


Angka 8

Mulailah membiasakan mengarakan pandangan bola mata mengikuti angka 8. Caranya adalah bayangkan angka 8 tidur yang besar di depanmu. Lalu, buat angka 8 itu dengan matamu yang alur searah dengan jarum jam selama satu menit. Kemudian, lakukan dengan arah sebaliknya selama satu menit juga.

Berkedip


Sadarkah kamu kalau sedang fokus bekerja menggunakan komputer, mata itu berkedip lebih sedikit dari seharusnya? Padahal, berkedip itu menjaga mata tetap segar dan nggak kering. Berkedip juga membantumu untuk fokus dan lebih produktif.

Jadi, saat sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh, ambil waktu beberapa kali untuk berkedip dengan sengaja, ya!

Melirik ke Kanan dan Kiri

Senam mata ini dapat menyegarkan mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar komputer. Caranya, luruskan pandanganmu ke depan, ke sebelah kanan, kembali ke depan, dan ke sebelah kiri. Lakukan sebanyak 10-20 kali, barulah pejamkan mata selama beberapa detik agar kamu merasa rileks dan segar kembali.

Masker Mata

Selain wajah, mata juga butuh dimasker. Salah satu masker mata yang berguna membuat syaraf-syaraf penglihatan kita menjadi rileks adalah masker paduan wortel dan lidah buaya. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, siapkan tiga bahan, yaitu satu sendok makan wortel parut, satu putih telur, dan satu sendok teh lidah buaya. Kedua, campurkan semua bahan dalam mangkuk, lalu oleskan di sekitar dan di bawah mata. Biarkan masker menempel selama 15 sampai 30 menit. Setelah itu, bilas masker dengan air bersih, ya!

 


(TOM)

Berita Terkait