Peringati Hari Guru, Pengamen Jalanan Diajari Menyablon

Pengaman jalanan di Kota Pasuruan mendapatkan pelatihan menyablon. (metrotv) Pengaman jalanan di Kota Pasuruan mendapatkan pelatihan menyablon. (metrotv)

PASURUAN: Sejumlah guru SMK PGRI I Kota Pasuruan,  mengajak belasan pengamen jalanan  belajar keterampilan sablon. Kegiatan sosial ini dilakukan dalam rangka memperingati  Hari Guru Nasional Ke- 75,  Rabu 25 November 2020.    

Sebanyak 12 pengamen jalanan yang biasanya beroperasi di perempatan lampu merah Kota Pasuruan diajak belajar menyablon di halaman sekolah. Mulai dari pengenalan peralatan sablon, cat yang digunakan, cara mendesain gambar dan tulisan hingga proses menyablon. 

Salah satu pengamen jalanan, Dwi Junianto mengaku senang bisa mendapatkan ketrampilan menyablon. Meski sempat kesulitan, namun setelah berjam-jam mengikuti pembelajaran akhirnya dapat menyelesaikan satu hasil sablon yang bertuliskan Hari Guru Nasional Ke- 75 tahun. 

Sementara salah satu guru sekolah, Lilis Indrawati  mengatakan kegiatan memberikan ketrampilan menyablon yang diikuti belasan pengamen jalanan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada para pengamen jalanan. 

“Mereka sebenarnya punya ketrampilan selain mengamen.  Mudah-mudahan ini bermafaat bagi mereka agar dapat mengembangkan bakat sehingga dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik, “ harapnya. 


(TOM)