Pakai Masker Malah Bikin Kulit Rusak, Ini 4 Sebabnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA :  Bagi beberapa orang, melakukan perawatan pada wajah tidak hanya cukup dengan penggunaan skincare yang rutin. Ada juga yang memilih untuk menggunakan perawatan dengan dokter atau klinik kecantikan, seperti melakukan facial. Namun ada juga yang menambah serangkaian skincare dengan penggunaan masker wajah yang rutin.

Masker sendiri memiliki berbagai macam bentuk, masker organic yang berbentuk bubuk, clay mask yang tinggal dioles di wajah, lalu ada sheetmask, masker yang paling simpel dan banyak digemari orang lantaran penggunaannya yang hanya dengan ditempel di wajah. Semuanya bisa disesuaikan dengan kondisi dan kecocokan pada kulit.

Pemakaian masker yang teratur memang bisa membantu merawat atau memperbaiki kulit yang rusak. Hal dikarenakan ada kandungan-kandungan tambahan yang tidak ada pada produk skincare lainnya. Tapi tahukah kalian, jika salah, penggunaan masker justru bisa membahayakan kulit. Berikut ini adalah cara yang salah namun banyak diabaikan oleh orang.

1. Terlalu lama

Pada umumnya, menggunakan masker itu hanya butuh waktu 10-20 menit hingga kandungannya bekerja pada kulit. Tapi, masih banyak orang yang kebablasan dan memakainya melebihi 30 menit. Ada juga yang berpikiran bahwa semakin lama, maka akan semakin baik. Padahal, jika kita terlalu lama menggunakan masker, alih-alih jadi sehat, kulit akan semakin kering. Bahkan bisa menimbulkan iritasi seperti kemerahan dan munculnya rasa gatal.

Baca Juga : Mandi Air Hangat Nyaman, Keramas Jangan!

2. Tidak cocok

Kesalahan berikutnya yang masih banyak dilakukan adalah tidak mencari masker yang sesuai dengan kulit. Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, ada baiknya untuk mencari tahu kandungan di dalamnya, dan apakah cocok dengan kondisi kulit kalian. Misalnya kalian memiliki wajah berminyak dan mudah berjerawat, maka hindari masker dengan bahan yang berat atau terbuat dari minyak, pilihlah masker dengan kandungan air lebih banyak. Kesalahan yang tidak kalian sadari ini bisa membuat kulit mengalami kerusakan dan masker tentu saja tidak bisa bekerja secara optimal. Pilih masker sesuai kebutuhan kulit.

3. Wajah kotor

Siapa diantara kalian yang tidak mencuci muka sebelum menggunakan masker? Kebiasaan ini ternyata bisa berdampak fatal, karena kita tidak tau kotoran apa saja yang telah menempel di wajah. Menggunakan masker pada wajah yang kotor bisa menimbulkan jerawat yang baru, usaha kalian untuk merawat kulit pun akan sia-sia.

Selain itu, cuci juga kedua tangan jika kalian mengaplikasikan masker menggunakan tangan. Tangan adalah anggota tubuh yang rentan dengan bakteri, oleh karena itu pastikan tangan sudah bersih, kalian tidak mau kan bakteri pindah ke wajah? Jika sudah benar-benar bersih, barulah kalian bisa menggunakan masker. Bisa juga menggunakan kuas atau alat lainnya agar lebih higienis.

4. Terlalu banyak

Masih adakah diantara kalian yang berpikiran bahwa semakin banyak masker di wajah, maka akan semakin maksimal? Pemikiran ini tentu salah, kalian perlu memperhatikan bahan-bahan karena tidak semua masker sama. Lebih banyak tidak selalu lebih baik. Masker untuk hidrasi mungkin aman apabila sering digunakan, namun masker yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat yang bisa mengeringkan kulit, akan menyebabkan iritasi dan peradangan bila terlalu banyak digunakan. Tanda-tandanya, bisa berupa wajah terasa gatal bahkan mengelupas. Gunakanlah masker secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan kulit.

 


(ADI)

Berita Terkait