Facebook Instagram Down Lagi, Ini Penyebabnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Facebook meminta maaf kepada pengguna di seluruh dunia terkait gangguan layanan selama 2 jam pada Sabtu 9 Oktober 2021 dini hari WIB. Ini merupakan gangguan layanan kedua dalam sepekan. Disebutkan, gangguan terbaru ini disebabkan perubahan konfigurasi yang keliru.

Perusahaan platform media sosial raksasa itu juga memastikan Instagram, Messenger, dan Workplace ikut terdampak gangguan terbaru ini.

"Permintaan maaf yang tulus kepada siapa pun yang tidak bisa mengakses produk kami dalam beberapa jam terakhir. Kami telah memperbaiki masalah ini dan semuanya akan kembali normal," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters.

Baca Juga : YouTube Rewind Dihentikan dari Perayaan Tahunan

Terkait gangguan pemadaman terakhir, beberapa pengguna tidak bisa mengunggah di akun Instagram masing-masing. Pengguna juga tak bisa menggunakan layanan pesan di Facebook Messenger. Warganet langsung berkomentar di Twitter untuk berbagi meme dan lelucon tentang berulangnya gangguan ini.

"Sepertinya jam kerja Facebook per pekan 3 hari, Senin dan Jumat tutup?" kata seorang pengguna di Twitter.

Sementara itu Instagram berterima kasih kepada pengguna atas kesabaran mereka bahkan atas semua meme yang dikirim pekan ini. Pada gangguan Senin lalu, Facebook menyebut perubahan konfigurasi yang keliru sebagai penyebab shutdown selama sekitar 6 jam. Akibatnya 3,5 miliar pengguna platform media sosial Facebook group di seluruh dunia terkena dampak.

 


(ADI)

Berita Terkait