2 Kapal Ikan Senilai Ratusan Juta Terbakar di Lamongan

Petugas berjibaku memadamkan api yang membakar kapal/ist Petugas berjibaku memadamkan api yang membakar kapal/ist

LAMONGAN: Dua kapal ikan terbakar di tempat sandar, Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Lamongan, Kamis 29 Juni 2023. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Dua kapal terbakar tersebut adalah Kapal Kalimas 2 dan Kapal Pelita Indah. Masing-masing berukuran 20 x 5 x 2 meter persegi. Penyebab kedua kapal terbakar hingga kini belum diketahui.

Informasinya, kejadian berawal  02.00 WIB, saat warga dan nelayan sedang tidur pulas. Mereka dikejutkan dengan kobaran api yang membakar kapal yang sedang tidak beroperasi tersebut.

Spontan warga dan nelayan melalukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Tetapi, api semakin membesar hingga akhirnya menghubungi Damkar Korwil Paciran. Tidak lama dua unit mobil PMK datang langsung bertindak.

BACA: Bandel, Warga Surabaya Masih Mencuci Rumen Hewan Kurban di Sungai

"Jika PMK tidak segera datang,  ya tidak padam-padam dan bisa merembet ke lainnya," kata Ketua Rukun Nelayan Sedayulawas, Fauzi.

Menurut Fauzi, kedua kapal tersebut sudah lama tidak beroperasi. Dua jam sebelumnya masih ada orang yang menjaga. Jadi, semua kaget ketika dua jam kemudian terbakar.

"Penyebab kebakaran dari mana semua tidak ada yang tahu. Saya saat itu juga ada di sana. Soal kerugian sampai ratusan juta, memang harga kapal mahal," ujarnya.

Sementara Samijo, Korwil Damkar Paciran mengatakan, dua unit mobil PMK Damkar Korwil Paciran dikerahkan untuk memadamkan api. Selama hampir empat jam berjibaku, petugas PMK Damkar masih mampu menyelamatkan aset senilai kurang lebih Rp100 juta.

"Sekitar empat jam pemadaman dan erakhir pembasahan di kedua kapal," ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait