Limbah Tebu di Kali Lamong Bikin Resah

Kondisi air Kali Lamong berubah warna menjadi hitam kecoklatan lantaran diduga tercemar oleh limbah pabrik tebu (foto/Metrotv) Kondisi air Kali Lamong berubah warna menjadi hitam kecoklatan lantaran diduga tercemar oleh limbah pabrik tebu (foto/Metrotv)

LAMONGAN : Warga sepanjang bantaran Kali Lamong di Kecamatan Ngimbang Lamongan resah. Penyebabnya, air kali tersebut tercemar oleh limbah tebu. Akibatnya, mereka tak bisa menggunakan air kali tersebut untuk keperluan mengairi sawah maupun untuk minum ternaknya.

Air di sungai ini berubah menjadi menjadi kuning kecoklatan selama sebulan terakhir. Padahal di musim kemarau saat ini, sisa air kali Lamong selalu dimanfaatkan petani untuk kebutuhan sehari-hari dan sawahnya.

"Namun kondisi air yang tercemar ini membuat warga tidak berani menggunakannya. Takutnya nanti beracun untuk ternak atau membuat tanaman mati," ungkap salah seorang warga,  Wanto.  

Ia dan warga lain menduga air kali Lamong ini tercemar limbah dari pabrik tebu yang beroperasi di sekitaran lokasi. Meski sudah berlangsung lama namun hingga saat ini belum ada tindakan dari pemerintah daerah untuk menyelidiki pencemaran ini. 

"Kami akan meminta perusahaan untuk memperbaiki sistem pembuangan agar tidak masuk ke kali Lamong," jelasnya. 
 


(ADI)